Pengaruh metode TPR (Total Physical Response) untuk meningkatkan kemampuan berbicara (oral skill) siswa tunarungu di SDLB BC Kepanjen / Alifta Rahma Syafira - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode TPR (Total Physical Response) untuk meningkatkan kemampuan berbicara (oral skill) siswa tunarungu di SDLB BC Kepanjen / Alifta Rahma Syafira

Syafira, Alifta Rahma (2018) Pengaruh metode TPR (Total Physical Response) untuk meningkatkan kemampuan berbicara (oral skill) siswa tunarungu di SDLB BC Kepanjen / Alifta Rahma Syafira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Syafira Alifta Rahma. 2018. Pengaruh Meode TPR (Total Physical Response) Untuk Meningkatkan kemampuan berbicara (oral skill) Siswa Tunarungu di SDLB BC Kepanjen Kabuaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa fakultas Ilmu Pendidikan Universitan Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sudarsini M.Pd. (II) Dr. Asep Sunandar S.Pd M. AP Kata kunci Metode TPR (Total Physical Response) kemampuan berbicara Tunarungu Siswa tunarungu memiliki kelainan pendengaran sehingga menyebabkan masalah yang kompleks dan mempengaruhi kemampuan berbicaranya. Berdasarkan observasi siswa tunarugu menunjukkan kesulitan dalam hal berbicara (oral skill). Siswa tunarungu masih belum mampu berbicara dengan benar dan masih berdengung. Salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan berbicara adalah menggunakan metode TPR. . Metode TPR merupakan metode yang menggunakan perintah lisan yang harus ditirukan atau dilaksanakan oleh siswa agar dapat melatih kemampuan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan kemampuan berbicara (oral skill) siswa tunarungu setelah diterapkan metode TPR (Total Physical Response). (2)Mendiskripsikan kemampuan berbicara (oral skill) siswa tunarungu setelah diterapkan metode TPR (Total Physical Response). (3) Mendeskripsikan pengaruh metode TPR (Total Physical Response) terhada kemampuan berbicara (oral skill) siswa tunarungu di SDLB BC Kepanjen. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan teknik quasi experiment dengan desain time series. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi deskriptif dengan uji wilcoxon. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara nilai rata-rata pretest danpost test. Pada analisis data diketahui bahwa hasil perhitunga tabel (diambil niali terkecil ) diperoleh Thitung sebesar 0 dan Ttabel dengan taraf signifikansi 0 05 sebesar 2. Merujuk pada kaidah keputusan yang telah ditetapkan maka H0 ditolak dan H1 diterima karena Thitung Ttabel. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan nilai positif antara pre test dan post test sehingga dapat disimpulkan bahwa metode TPR berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa tunarungu di SDLB BC Kepanjen. Kesimpulan pada penelitian ini adalah metode TPR efektif untuk diterapkan di dalam kelas karena dengan metode ini siswa menjadi aktif dan senang dalam kegiatan pembelajaran selain itu siswa menjadi komunikatif dan lebih sering berbicara di dalam kelas. Saran bagi guru adalah metode ini dapat dijadikan referensi dalam mata pelajaran bahasa atau dalam pengenalan kosa kata baru pada siswa . bagi peneliti selanjutnya penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan kajian untuk dikembangkan ataupun diterapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9046

Actions (login required)

View Item View Item