Pengaruh pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) terhadap kecerdasan interpersonal siswa tunagrahita kelas IV di SLB Idayu 1 Kota Malang / Yuana Maulidia

Maulidia, Yuana (2018) Pengaruh pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) terhadap kecerdasan interpersonal siswa tunagrahita kelas IV di SLB Idayu 1 Kota Malang / Yuana Maulidia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Maulidia, Yuana. 2018. Pengaruh Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Tunagrahita Kelas 4 di SLB IDAYU 1 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Abdul Huda, M.Pd., (II) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn Kata kunci: kecerdasan interpersonal, pendekatan BCCT, tunagrahita Tunagrahita tidak hanya memiliki masalah intelektual, mereka juga mengalami hambatan dalam penyesuaian sosial yakni kecerdasan interpersonal. Dari hasil observasi awal terdapat 6 siswa di SLB IDAYU 1, siswa sulit menjalin hubungan pertemanan, kemampuan bersosialisasi yang rendah, kurang dalam pengambilan perspektif orang lain (empati) dan kurangnya pendekatan pembelajaran yang bervariasi. Pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa tunagrahita adalah pendekatan Beyond Centers And Circle Time (BCCT). BCCT adalah suatu pendekatan yang berfokus pada anak dimana proses pembelajarannya berpusat di sentra dan saat anak dalam lingkaran dengan menggunakan 4 jenis pijakan untuk mengasah kecerdasan anak. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kecerdasan interpersonal siswa tunagrahita sebelum diberi perlakuan (2) mendeskripsikan kecerdasan interpersonal siswa tunagrahita setelah diberi perlakuan (3) menganalisis pengaruh pendekatan beyond centers and circle time terhadap kecerdasan interpersonal siswa tunagrahita kelas 4 di SLB IDAYU 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain Time Series. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan uji hipotesis Wilcoxon. Hasil analisis data diperoleh Thitung sebesar 0 dan harga Ttabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 2. Dari kriteria pengujian yang telah ditetapkan, maka Hipotesis kerja diterima karena Thitung < Ttabel dapat diartikan bahwa T0 = 0 < Ttabel = 2 atau 0 < 2 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan BCCT berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan interpersonal siswa tunagrahita di SLB IDAYU 1 Kota Malang. Saran yang diberikan peneliti adalah (1) bagi sekolah diharapkan pendekatan BCCT dapat menjadi program pembelajaran alternative. (2) bagi guru hendaknya mengembangkan kecerdasan interpersonal sedini mungkin untuk menunjang kecerdasan lainnya. (3) bagi peneliti selanjutnya, hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan pendekatan BCCT terhadap kecerdasan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9042

Actions (login required)

View Item View Item