Pengembangan Video Senam Otak (Brain Gym) Dalam Pembelajaran Bahasa Tunagrahita Di SDLB Kemala Bhayangkari Trenggalek / Ary Puspita Ningrum

Ningrum, Ary Puspita (2018) Pengembangan Video Senam Otak (Brain Gym) Dalam Pembelajaran Bahasa Tunagrahita Di SDLB Kemala Bhayangkari Trenggalek / Ary Puspita Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningrum, Ary Puspita. 2018. Pengembangan Video Senam Otak (Brain Gym) Dalam Pembelajaran Bahasa Tunagrahita Di SDLB Kemala Bhayangkari Trenggalek. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Huda, M.Pd, (2) Drs Hendry Praherdiono, M.Si, M.Pd. Kata Kunci: Senam Otak (Brain Gym), Bahasa, Tunagrahita Bahasa merupakan hal yang sangat dibutuhkan, khususnya dalam menulis permulaan, untuk menulis permulaan diperlukan motorik halus yang memadai. Motorik halus pada anak tunagrahita mengalami gangguan sehingga memerlukan gerakan yang dapat mengkoordinasikan antara otak, tangan, jari, lengan dan mata. Berdasarkan analisis yang diperoleh peneliti terdorong untuk mengembangkan senam otak (brain gym) karena terdapat 3 dimensi pada otak yang salah satunya adalah dimensi literalis yang berfungsi dalam berbahasa, dengan adanya senam otak maka bagian-bagian otak khususnya menulis permulaan dapat dikembangkan dan jika senam otak diberikan secara terus menerus terjadi kontrol serta pelamasan pada otot anak. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan video senam otak. Video ini dikemas dalam bentuk CD yang diharapkan dapat membantu siswa untuk menulis permulaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model Borg & Gall, kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yaitu 1)penelitian dan pengumpulan data, 2)perencanaan, 3)pengembangan produk awal, 4)validasi produk awal, 5) revisi produk awal, 6)uji coba lapangan dan 7)revisi produk akhir Hasil penelitian menunjukkan bahwa video senam otak (brain gym) layak dan efektif diterapkan bagi siswa tunagrahita di SDLB Kemala Bhayangkari Trenggalek dengan memperoleh skor validasi ahli media 95,83% (sangat valid), ahli materi satu 90% (sangat valid), ahli materi dua 93,75% (sangat valid), Uji coba pre test mendapatkan 60 (di bawah kkm) , post test mendapatkan 83,(di atas kkm/sangat valid) artinya, video senam otak yang dikembangkan terbukti efektif meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita. Kesimpulan dari pengelitian pengembangan ini adalah (1) berdasarkan hasil dan evaluasi para ahli menunjukkan bahwa produk Pengembangan Video Senam Otak (Brain Gym) Dalam Pembelajaran Bahasa Tunagrahita Di SDLB Kemala Bhayangkari Trenggalek dinyatakan memili kemenarikan, kemudahan dan sesuai dengan karakteristik anak tunagrahita untuk melatih menulis permulaan serta sesuai dnegan materi yang sedang diajarkan, (2) berdasarkan hasil evaluasi uji produk dapat disimpulkan bahwa produk Pengembangan Video Senam Otak (Brain Gym) Dalam Pembelajaran Bahasa Tunagrahita Di SDLB Kemala Bhayangkari Trenggalek dinyatakan memiliki kemenarikan dan kegunaan media dalam melatih anak mengaktifkan motoriknya sehingga dapat melatih menulis permulaan. Saran pemanfaatan penelitian ini adalah: (1)bagi siswa:peserta didik harus memperhatikan gerakan dan intruksi dari guru, (2) bagi guru: Memperhatikan kesulitan peserta didik dalam bergerak, khususnya menggerakkan tangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9040

Actions (login required)

View Item View Item