Pengaruh Kegiatan Practical Life Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Autis Kelas I SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Indri Winegal - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Kegiatan Practical Life Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Autis Kelas I SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Indri Winegal

Winegal, Indri (2018) Pengaruh Kegiatan Practical Life Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Autis Kelas I SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Indri Winegal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Winegal Indri. 2018. Pengaruh Kegiatan Practical Life Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Autis Kelas I SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sudarsini M.Pd (2) Eka Pramono Adi S.IP M Si Kata kunci Autis Kegiatan Practical Life Motorik Halus. Autis adalah anak dengan hambatan yang begitu kompleks mencakup gangguan interaksi komunikasi dan perilaku yang menyebabkan keterlambatan perkembangan pada anak keterlambatan perkembangan tersebut terkait perkembangan kemampuan motorik halus anak autis. Sehingga menyebabkan kemampuan motorik halusnya tidak berkembang sesuai dengan usia oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak autis agar kemampuan motorik halus yang dimiliki dapat berkembang secara optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan Practical Life. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan tentang kemampuan motorik halus anak autis kelas I SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang sebelum diberikan kegiatan Practical Life. 2) Mendeskripsikan tentang kemampuan motorik halus anak autis kelas I SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang sesudah diberikan intervensi kegiatan Practical Life. 3) Mendeskripsikan pengaruh kegiatan Practical Life terhadap kemampuan motorik halus anak autis kelas I SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Single Subject Research dengan desain A-B-A dan teknik analisis data yang menggunakan analisis visual dalam bentuk grafik data antar kondisi dan dalam kondisi. Subjek penelitian adalah anak autis kelas 1 SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian menunjukan presentase overlap 0% yang berarti bahwa intervensi berupa kegiatan Practical Life memiliki pengaruh yang baik terhadap kemampuan motorik halus anak autis kelas 1 di SLB Autis Laboratorium UM. Selain itu hasil analisis data menunjukan kemampuan motorik halus anak autis mengalami peningkatan pada kondisi Baseline-2 (A2) atau kondisi kontrol yaitu skor stabil 75 % skor tersebut lebih tinggi dari kondisi Baseline-1 (A1) atau kondisi sebelum diberikan intervensi dengan skor stabil 53 12%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan Practical Life dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak autis kelas 1 SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Bagi guru disarankan untuk mengembangkan secara lebih lanjut kegiatan practical life sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan motorik halus. (2) Bagi penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian dengan variabel yang serupa dengan karakteristi anak yang berbeda atau dengan target behavior yang berbeda dan (3) Bagi orang tua dapat memberikan kegiatan practical life di rumah agar kemampuan motorik halus anak autis lebih berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9039

Actions (login required)

View Item View Item