Pengembangan multimedia interaktif pelajaran IPA materi rangka manusia bagi siswa tunarungu kelas IX di SLB Negeri Pembina Tingka Nasional Bagian C Malang / Gita Martha Yulandha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pelajaran IPA materi rangka manusia bagi siswa tunarungu kelas IX di SLB Negeri Pembina Tingka Nasional Bagian C Malang / Gita Martha Yulandha

Yulandha, Gita Martha (2018) Pengembangan multimedia interaktif pelajaran IPA materi rangka manusia bagi siswa tunarungu kelas IX di SLB Negeri Pembina Tingka Nasional Bagian C Malang / Gita Martha Yulandha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulandha Gita Martha. 2018. Pengembangan Mulmedia Interaktif Pelajaran Ipa Materi Rangka Manusia Bagi Siswa Tunarungu Kelas IX Di SLB Negeri Pembina Tingkatnasional Bagian C Malan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd (2) Sopingi M.pd Kata Kunci Multimedia Interaktif Tunarungu IPA Materi Rangka Manusia Tunarungu adalah seorang yang memiliki keterbatasan dalam hal pendengaran. Hal demikian dapat mengganggu dalam proses belajar mengajar. Anak tunarungu membutuhkan media yang tepat dalam belajar. Dalam pembelajaran IPA yang lebih banyak menekankan pada pengalaman langsung sehingga sebagai tunarungu mereka sangat membutuhkan pejelasan secara verbal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan produk multimedia interaktif pelajaran IPA materi rangka manusia yang dibutuhkan oleh siswa tunarungu. Metode yang digunkan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan rancangan Research And Development model dan menggunakan teori Lee Owens (2004) yang terdiri 5 tahapan yaitu a) assessment/analysis b) design c) development d) implementation dan e) evaluation. Validasi produk dilakukan melalui penilaian ahli yaitu a) ahli media b)ahli materi dan c)praktisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai dari validator ahli media yang menghasilkan skor 89% ahli materi menghasilkan 86% praktisi menghasilkan 92%. Dan hasil dari perolehan uji coba produk pada siswa tunarungu yaitu menunjukan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara perolehan skor pre tes dan pos tes Multimedia interaktif yang dikembangkan memiliki keunggulan dapat memberikan penyajian materi secara lengkap dan dapat memenuhi tujuan pembelajaran namun untuk produk multimedia interaktif yang dikembangkan saat ini masih mengggunakan animasi 2 dimensi sehingga animasi yang disajikan masih belum terlihat nyata. 1

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9037

Actions (login required)

View Item View Item