Pengaruh Media Shadow Puppet Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VIII SMPLB Negeri Malang / Retno Diyah Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Media Shadow Puppet Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VIII SMPLB Negeri Malang / Retno Diyah Puspitasari

Puspitasari, Retno Diyah (2018) Pengaruh Media Shadow Puppet Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VIII SMPLB Negeri Malang / Retno Diyah Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari Retno Diyah. 2018. Pengaruh Media Shadow Puppet Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VIII SMPLB Negeri Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (2) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci Media Shadow Puppet Kemampuan Bercerita Tunagrahita Ringan. Tunagrahita adalah siswa yang memiliki IQ dibawah rata-rata siswa reguler karena memiliki masalah intelektual dan susah dalam berpikir abstrak maka menyebabkan siswa kesulitan dalam bercerita. Siswa tunagrahita ringan memerlukan pembelajaran khusus yang dapat membantu dalam bercerita salah satunya dengan media shadow puppet. Media shadow puppet merupakan media yang diadopsi dari seni pertunjukan wayang kulit yang dikemas secara modern dan mengikuti perkembangan zaman mulai dari bentuk wayang dan cerita yang ditampilkan media shadow puppet dapat ditampikan pada siang hari akan tetapi dilakukan diruangan gelap. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan bercerita siswa tunagrahita ringan kelas VIII SMPLB Negeri Malang sebelum dan sesudah menggunakan media shadow puppet (2) Untuk mengetahui keefektifan penggunaan media shadow puppet sebagai media bercerita siswa tunagrahita ringan kelas VIII SMPLB Negeri Malang Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan desain time-series. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa tunagrahita ringan kelas VIII di SMPLB Negeri Malang. Instrumen penelitian menggunakan tes yaitu tes keterampilan bercerita siswa membuat cerita kemudian menceritakan kembali cerita yang telah dibuat dengan susunan kaliman dan ketepatan ucapan yang baik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dimulai dari penyusunan intrumen memberikan pre test empat kali pemberian treatment menggunakan media shadow puppet hingga kemampuan bercerita menjadi stabil tahap post test empat kali. Analisis data menggunakan uji t. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test 42 dan nilai rata-rata post test 70 sedangkan hasil thitung diperoleh nilai sig sebesar 9 51 dan ttabel sebesar 2 131. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai sig

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9034

Actions (login required)

View Item View Item