Wahyuni, Ika Sasy (2018) Pengaruh metode mimicry-memorization terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana anak tunarungu di SDLB b YPTB Malang / Ika Sasy Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Wahyuni Ika Sasy. 2018. Pengaruh Metode Mimicry-memorization terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Anak Tunarungu di SDLB B YPTB Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitan Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sudarsini M.Pd. (2) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata kunci Tunarungu kemampuan menyusun kalimat sederhana metode mimicry-memorization Anak tunarungu adalah anak dengan hambatan pendengaran sehingga terjadi hambatan dalam mengakses bunyi atau suara dan mempengaruhi pada perolehan Bahasa. Anak tunarungu mengalami permasalahan dalam menyusun kalimat sederhana. Hal tersebut merupakan ciri khas dari anak tunarungu dalam aspek kebahasaannya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu metode khusus agar anak tunarungu dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat sederhana. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Mimicry-Memorization terhadap kemampuan kemampuan menyusun kalimat sederhana anak tunarungu di SDLB B YPTB Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experiment dengan desain time series. Pada penelitian ini peneliti membandingkan subyek yang sama tetapi dengan kondisi yang berbeda yaitu sebelum diberi treatment dan setelah diberi treatment. Variabel dalam penelitian ini adalah metode mimicry-memorization dan kemampuan menyusun kalimat sederhana. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai rata-rata pada pre-test sebesar 53 5 dan perolehan nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 87 43 setelah diberikan treatment. Dari perhitungan tersebut dapat dinyatakan adanya pengaruh penggunaan metode mimicry-memorization sebagai bentuk perlakuan atau treatment terhadap kemampuan menyusun kalimat sederhana. Adapun saran bagi Guru dalam penelitian ini adalah Guru dapat menggunakan metode dalam pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik anak dan kebutuhan dari siswa. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan lebih kreatif supaya dapat mengembangan metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat sederhana anak tunarungu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |