Sari, Widya Nindi (2018) Pengaruh penggunaan strategi Think-Talk-Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII tunagrahita ringan di SMPLB Negeri Malang / Widya Nindi Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Widya Nindi. 2018. Pengaruh Penggunaan Strategi Think-Talk-Write (TTW) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas VII Tunagrahita Ringan di SMPLB Negeri Malang. Skripsi S1 PLB Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra.Sudarsini M.Pd (2) Eka Pramono Adi S.IP M.Si. Kata Kunci Tunagrahita Ringan membaca pemahaman Think-Talk-Write (TTW) Membaca merupakan kemampuan pemahaman ide baik tersirat maupun tersurat. Keterampilan membaca merupakan salah satu aspek berbahasa yang sangat penting untuk dikuasai oleh siswa tunagrahita ringan. Dalam memperoleh informasi yang disajikan dalam bahasa tulis dibutuhkan suatu keterampilan khusus yaitu dengan membaca pemahaman. Kemampuan membaca pemahaman siswa akan terlihat jika dikaitkan dengan penguasaan jenis teks bacaan tertentu salah satunya adalah jenis teks eksposisi. Namun siswa tunagrahita ringan belum menguasai keterampilan membaca pemahaman ini. Untuk itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Strategi pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Think-Talk-Write (TTW). Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa tunagrahita ringan sebelum dan sesudah diberikan strategi Think-Talk-Write (TTW) (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII tunagrahita ringan di SMPLBN Malang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan time series design dengan rincian O1-O4 pre-test untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi sebelum menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) dan O5-O8 post-test untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi sesudah menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW). Hasil penelitian menunjukkan perolehan rata-rata pada saat pre-test sebesar 43 sedangkan perolehan rata-rata saat post-test mengalami peningkatan sebesar 74. Dari data tersebut dapat dinyatakan bahwa adanya pengaruh penggunaan strategi Think-Talk-Write (TTW) adalah bentuk intervensi terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi. Saran dalam penelitian ini adalah kepada (1) guru agar dapat menerapkan strategi Think-Talk-Write sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tunagrahita ringan (2) peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian serupa dengan menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9032 |
Actions (login required)
View Item |