Purnomo, Danang Dwi (2018) Pengaruh media dot cards terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita sedang kelas VII di SMPLB Negeri kota Malang / Danang Dwi Purnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Purnomo Danang Dwi. 2018. Pengaruh Media Dot Cards Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Sedang Kelas VII di SMPLB Negeri Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Shodiq AM M.Pd (2) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. Kata kunci Tunagrahita Sedang Media Dot Cards Berhitung. Tunagrahita sedang merupakan anak berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dan rendah dalam kemampuan berfikirnya. Keterbatasan kemampuan berfikir anak tunagrahita sedang menjadikan anak sulit untuk berfikir hal-hal yang abstrak. Mereka juga memiliki kemampuan mengingat yang mudah lupa. Akibat keterbatasan itulah anak tunagrahita sedang kesulitan dalam akademik salah satunya pelajaran matematika khususnya berhitung. sehingga diperlukan modifikasi pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam berhitung dan tidak membuat siswa bosan. Media dot cards berguna untuk membantu siswa dalam belajar berhitung. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan berhitung siswa tunagrahita sedang kelas VII di SMPLB Negeri Kota Malang sebelum menggunakan media dot cards (2) Bagaimanakah kemampuan berhitung siswa tunagrahita sedang kelas VII di SMPLB Negeri Kota Malang setelah menggunakan media dot cards (3) Adakah pengaruh media dot cards terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita sedang kelas VII di SMPLB Negeri Kota Malang . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan populasi dan sampel variabel bebas dan terikat instrument penelitian validasi pengumpulan data analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dengan data hasil pre-test dan post-test uji hipotesis. Hasil temuan peneliti ini adalah adanya pengaruh media dot cards terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita sedang di SMPLB Negeri Kota Malang. Adapun Uji Wilcoxon diperoleh Thitung 0. Nilai kritis untuk uji Wilcoxon 945 0 05 dan n 6 (jumlah sampel) dari uji Wilcoxon dan diperoleh Ttabel 2. Dari perhitungan tersebut dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Hi diterima sebab Thitung (0) 8804 Ttabel (2). Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil rata-rata pre-test yaitu 51 08 dan hasil nilai rata-rata post-test yaitu 79 96. Jadi terdapat pengaruh media dot cards terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita sedang. Saran (1) untuk guru diharapkan menerapkan media dot cards dalam belajar berhitung. (2) untuk sekolah diharapkan menyediakan media untuk pembelajaran siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9031 |
Actions (login required)
View Item |