Wibowo, Ragil Tri (2018) Pembinaan olahraga renang bagi siswa berprestasi dalam cabang olahraga renang (studi kasus di SMPLB Negeri Malang) / Ragil Tri Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Wibowo Ragil Tri. 2018. Pembinaan Olahraga Renang bagi Siswa Berprestasi dalam Cabang Olahraga Renang (Studi Kasus di SMPLB Negeri Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M. Pd (2) Sopingi S.Sos M.Pd. Kata kunci Pembinaan olahraga renang siswa berprestasi SLB Anak berkebutuhan khusus memiliki potensi yang sama dengan anak reguler. Dengan melakukan pembinaan yang tepat terhadap anak berkebutuhan khusus dalam hal ini bakat olahraga renang diharapkan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Di SMPLB Negeri Malang terdapat dua siswa yang berprestasi dalam olahraga renang yaitu siswa tunarungu dan tunagrahita. Kedua siswa tersebut pernah menjuarai perlombaan renang di tingkat Kota maupun Provinsi. Sekolah telah melakukan pembinaan olahraga renang sejak awal siswa masuk ke sekolah berdasarkan hasil asesmen. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) program pembinaan olahraga renang bagi siswa berprestasi dalam cabang olahraga renang (2) pelaksanaan pembinaan olahraga renang bagi siswa berprestasi dalam cabang olahraga renang (3) hambatan pembinaan olahraga renang bagi siswa berprestasi dalam cabang olahraga renang dan (4) upaya mengatasi hambatan pembinaan olahraga renang bagi siswa berprestasi dalam cabang olahraga renang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini mengacu pada pendapat Miles dan Huberman antara lain reduksi data penyajian data dan mengambil keputusan Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) program pembinaan olahraga renang yaitu pihak sekolah melakukan kerjasama dengan orangtua untuk mendaftarkan ke klub renang kemudian klub renang memberikan program latihan bagi siswa (2) pelaksanaan pembinaan olahraga renang dibagi menjadi dua yaitu di sekolah dan di klub renang (3) hambatan pelaksanaan pembinaan olahraga renang berupa tidak adanya sarana di sekolah dan mood siswa (4) upaya mengatasi hambatan pembinaan olahraga renang adalah kerjasama dengan orangtua dan lebih mengenali karakteristik siswa Saran diperuntukkan kepada (1) Kepala sekolah hendaknya dapat mengambil keputusan bijak dalam memilih salah seorang guru sebagai penanggungjawab olahraga renang (2) Pelatih agar mempelajari tentang karakteristik dan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus (3) Guru ketika proses asessmen diharapkan guru dapat menggali lebih dalam lagi potensi-potensi yang ada pada seluruh siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9030 |
Actions (login required)
View Item |