Pengaruh media kuartet terhadap hasil belajar IPA siswa tunagrahita kelas IV SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Felisitas Ambar D. P.

Ambar D. P., Felisitas (2018) Pengaruh media kuartet terhadap hasil belajar IPA siswa tunagrahita kelas IV SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Felisitas Ambar D. P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Felisitas Ambar D. P. 2017. Pengaruh Media Kuartet Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Tunagrahita Kelas IV SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sudarsini, M.Pd, (II) Drs. Usep Kustiawan, M. Sn. Kata kunci: Media, Kuartet, Hasil Belajar IPA, Tunagrahita Latar belakang yang menjadi penulisan skripsi ini bahwa media merupakan salah satu sarana penting penunjang pembelajaran khususnya bagi siswa dengan hambatan intelektual seperti tunagrahita yang membutuhkan penjelasan lebih untuk dapat memperkuat konsep dan pemahamannya tentang materi IPA. Dalam pembelajaran IPA siswa di tuntut untuk mengenal lingkungan, mempelajari sebab akibat, dan memperoleh pemahaman tentang segala sesuatu yang terjadi di alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kuartet terhadap hasil belajar IPA siswa tunagrahita kelas IV SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen desain pra-eksperimen bentuk ÔÇ£One group pre-test post-test designÔÇØ yang menggunakan alat ukur berupa soal pre test dan post test untuk mengukur kemampuan siswa sebelum dan sesudah diberikannya media kuartet. Hasil belajar siswa terbukti telah mengalami peningkatan setelah diberikan media kuartet yaitu rata-rata nilai pre test 52,0 naik menjadi 90,0 pada rata-rata niali post test. Dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxson dengan jumlah sampel 5 menunjukkan Jadi dapat disimpulkan bahwa media kuartet berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa tunagrahita kelas IV SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Kartu kuartet merupakan salah satu contoh media pembelajaran, diharapkan bagi pengajar dapat membuat berbagai macam media sederhana yang mengkonkritkan konsep pada anak tunagrahita pada saat pembelajaran. Selain itu dengan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan akan mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9029

Actions (login required)

View Item View Item