Pengaruh media block dienes terhadap kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas V di SDLB Idayu I Malang / Archinda Rishallatul Afifah

Afifah, Archinda Rishallatul (2018) Pengaruh media block dienes terhadap kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas V di SDLB Idayu I Malang / Archinda Rishallatul Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Afifah Archinda Rishallatul. 2017. Pengaruh Media Block Dienes Terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan Siswa Tunagrahita Kelas V Di SDLB Idayu I Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Abdul Huda M.Pd (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd Kata Kunci media block dienes kemampuan berhitung penjumlahan tunagrahita Berhitung penjumlahan adalah kemampuan menghitung banyaknya benda sejenis yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memecahkan berbagai masalah. Anak tunagrahita memiliki hambatan dalam berhitung khususnya berhitung penjumlahan. Dalam menangani hambatan berhitung penjumlahan anak tunagrahita menggunakan media block dienes. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berhitung penjumlahan puluhan 10 50 sebelum penggunaan media Block Dienes (2) mendeskripsikan kemampuan berhitung penjumlahan puluhan 10 50 setelah penggunaan media Block Dienes (3) mendeskripsikan pengaruh media Block Dienes terhadap kemampuan berhitung penjumlahan 10 50. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen berbentuk Pre-Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Pottest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kinerja disertai rubrik penilaian dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik non parametrik. Uji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon The Signed Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan pada kondisi pre-test kemampuan berhitung penjumlahan memperoleh nilai rata-rata sebesar 58 dan pre-test tes tulis sebesar 58. Setelah diberikan treatment atau perlakuan menggunakan media block dienes mengalami peningkatan yang dapat dibuktikan melalui nilai rata-rata post-test kemampuan berhitung penjumlahan 80 sedangkan nilai rata-rata post-test tes tulis yaitu 80. Dari hasil post-test yang telah dilakukan hal ini menunjukkan bahwa media block-dienes berpengaruh terhadap kemampuan berhitung penjumlahan. Kesimpulan penelitian yaitu media block dienes memiliki pengaruh terhadap kemampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita kelas V SDLB Idayu I Malang. Saran yang dapat diberikan yaitu 1) guru harus menggunakan media yang kreatif dan menarik agar kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan 2) media agar tetap diterapkan dalam mata pelajaran matematika. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar lebih mengembangkan penelitian menggunakan media block dienes kepada karakteristik anak yang berbeda. Oleh karena itu adanya media yang efektif bervariatif dan menarik akan memberikan pengetahuan yang luas bagi dunia pendidikan terutama bagi penyelenggara pendidikan untuk peserta didik yang memiliki kecerdasan luar biasa atau biasa disebut pendidikan khusus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9028

Actions (login required)

View Item View Item