Pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar pada kegiatan terapi siswa autis di SLBS BCG Idayu Kota Malang / Rina Khasanah

Khasanah, Rina (2018) Pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar pada kegiatan terapi siswa autis di SLBS BCG Idayu Kota Malang / Rina Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Khasanah, Rina. 2018. Pengaruh Brain Gym terhadap Konsentrasi Belajar pada Kegiatan Terapi Siswa Autis di SLBS BCG Idayu Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Shodiq A.M, M.Pd, (II) Sopingi, S.Sos, M.Pd. Kata Kunci: brain gym; konsentrasi belajar; autis Menurut observasi awal peneliti di SLBS BCG Idayu Malang, siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa autis ÔÇ£DAÔÇØ yang mempunyai sikap aktif atau banyak gerak. Kelebihan siswa tersebut sudah bisa melakukan kontak mata dengan baik, siswa juga sudah dapat memegang pensil dengan baik tetapi dalam menulis tulisannya besar dan kurang jelas, dalam membaca dan pengucapan kata dan/angka siswa kurang jelas pada pelafalannya, tetapi yang menjadi perhatian adalah pada konsentrasi siswa yang mudah teralihkan pada orang atau benda disekitarnya. Siswa tersebut memiliki konsentrasi yang rendah hanya sekitar 1 sampai 2 menit saja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan pelaksanaan brain gym pada kegiatan terapi siswa autis dan mendeskripsikan pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar pada kegiatan terapi siswa autis. Rancangan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan rancangan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A-B. Subjeknya adalah satu siswa autis ÔÇ£DAÔÇØ yang melakukan terapi di SLBS BCG Idayu Kota Malang. Instrumennya berupa tes. Pada saat terapi siswa diamati konsentrasi belajarnya dan peneliti mencatat perilaku yang diamati sesuai dengan pernyataan yang ada pada lembar instrumen. Analisis datanya berdasarkan kondisi yaitu mean, level, trend, dan latency. Dari penelitian yang telah dilakukan, siswa merasa senang dan dapat mengikuti instruksi dari terapis dengan baik. Siswa dapat melakukan gerakan awal dan 5 gerakan brain gym dengan baik tetapi dia merasa kesulitan saat memutar pinggul pada gerakan the rocker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar siswa autis pada kegiatan terapi di SLBS BCG Idayu Kota Malang yang ditunjukkan dengan mean yang naik dari kategori rendah menjadi tinggi. Levelnya bernilai positif yang artinya terdapat peningkatan perilaku. Trend pada semua fase menunjukkan adanya peningkatan. Tidak terdapat latency pada penelitian dikarenakan tidak ada nilai yang sama antara sesi terakhir satu fase dengan sesi awal fase selanjutnya. Selain berpengaruh terhadap konsentrasi belajar, hasil juga menunjukkan adanya pengaruh pada perhatian yang meningkat, sikap yang membaik dan daya ingat yang meningkat. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar terapis dapat mempelajari dan menerapkan brain gym kepada siswa untuk mengembalikan rasa lelah dan bosan siswa menjadi senang agar dapat melakukan terapi kembali. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian tentang pengembangan metode untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa berkebutuhan khusus terutama siswa autis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9027

Actions (login required)

View Item View Item