Pengaruh penggunaan media sempoa geometri terhadap kemampuan berhitung tunagrahita kelas IV SDLB Jombatan VII Jombang / Ninik Usfatun Chasanah

Chasanah, Ninik Usfatun (2018) Pengaruh penggunaan media sempoa geometri terhadap kemampuan berhitung tunagrahita kelas IV SDLB Jombatan VII Jombang / Ninik Usfatun Chasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Chasanah, Ninik Usfatun 2018. Pengaruh Penggunaan Media Sempoa Geometri Terhadap Kemampuan Berhitung Tunagrahita Kelas IVSDLB Jombatan VII Jombang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs M. Shodiq A.M, M.Pd, (II) Dr Asep Sunandar S.Pd, M.AP. Kata kunci : Tunagrahita, Sempoa Geometri, Kemampuan Berhitung. Anak Tunagrahita adalah seseorang yang memiliki hambatan dalam intelektualnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas IV yang masih bisa menerima pelajaran di sekolah. Konsep berhitung dalam penelitian ini adalah penjumlahan bilangan 1 sampai 10. Pembelajaran berhitung pada anak tunagrahita hendaknya menggunakan media pembelajaran agar materi berhitung penjumlahan dapat diterima dengan baik, dan memudahkan siswa untuk memahami berhitung penjumlahan, salah satunya adalah dengan menggunakan media sempoa geometri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh sebelum menggunakan media pembelajaran sempoa geometri terhadap pembelajaran berhitung penjumlahan pada anak tunagrahita (2) mendeskripsikan pengaruh sesudah menggunakan media pembelajaran sempoa geometri terhadap pembelajaran berhitung penjumlahan pada anak tunagrahita (3) mendeskripsikan hasil belajar berhitung penjumlahan pada anak tunagrahita sebelum dan sesudah menggunakan media sempoa geometri di SDLB Jombatan VII Jombang. Rancangan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan desain penelitian Pre Eksperimental dengan One – Group Pre-test Post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas IV SDLB Jombatan VII Jombang yang berjumlah 5 siswa. Berdasarkan hasil dari uji hipotesis (1) adanya pengaruh penggunaan media sempoa geometri terhadap kemampuan berhitung tunagrahita yaitu dengan nilai signifikansi 0,01 < 0,05 dan (2) hasil belajar pada skor pre test sebesar 52,0 dan skor post test mencapai 84,0 yang menunjukkan adanya peningkatan dari nilai pre test menuju nilai post test. Hal itu menunjukkan hasil belajar berhitung penjumlahan pada siswa tunagrahita dengan menggunakan sempoa geometri lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan sempoa geometri. Kesimpulan dalam penelitian ini (1) ada pengaruh penggunaan media sempoa geometri terhadap kemampuan berhitung tunagrahita kelas IV SDLB Jombatan VII Jombang (2) adanya peningkatan terhadap hasil belajar berhitung penjumlahan sebelum dan sesudah menggunakan media sempoa geometri. Berdasarkan hasil yang diperoleh hendaknya guru dapat menggunakan media sempoa geometri dalam menyampaikan materi pembelajaran berhitung untuk anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9026

Actions (login required)

View Item View Item