Pengembangan media video membuat batik jumput tanpa proses perebusan bagi peserta didik tunarungu di SLB-B Putra Harapan Bojonegoro / Dyah Ayu Lestyani

Lestyani, Dyah Ayu (2018) Pengembangan media video membuat batik jumput tanpa proses perebusan bagi peserta didik tunarungu di SLB-B Putra Harapan Bojonegoro / Dyah Ayu Lestyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Lestyani, Dyah Ayu, 2018. Pengembangan Media Video Membuat Batik Jumput Tanpa Proses Perebusan bagi Peserta Didik Tunarungu di SLB-B Putra Harapan Bojonegoro. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. M. Shodiq A.M, M.Pd (II) Henry Praherdhiono S.Si.,M.Pd Kata Kunci : Pengembangan Media Video, Membuat Batik Jumput, Tunarungu Keterbatasan pendengaran pada peserta didik tunarungu mengakibatkan masalah pembelajaran. Salah satu masalah pembelajaran tersebut adalah pemahaman peserta didik tunarungu terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Dalam menangani masalah tersebut, dibutuhkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Dalam pemilihan media, media video sebagai salah satu jenis media yang menampilkan gambar dan suara secara bersamaan, dapat menjelaskan materi pada peserta didik secara rinci. Sebagai contoh, dalam pelajaran keterampilan membuat batik jumput. Materi membuat batik jumput tidak mudah, terutama pada peserta didik tunarungu jika penyampaian materi secara klasikal. Oleh karena itu, peserta didik tunarungu memerlukan media pembelajaran yang tepat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan ÔÇ£Media Video Membuat Batik Jumput Tanpa Proses Perebusan bagi Peserta Didik Tunarungu di SLB-B Putra Harapan BojonegoroÔÇØ. Pengembangan Media Video Membuat Batik Jumput Tanpa Proses Perebusan ini mengadaptasi 10 langkah model pengembangan Research & Development dari Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi 7 langkah yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3)pengembangan desain produk awal, (4) validasi produk awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk akhir. Analisis yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasi pengumpulan data dari penelitian awal atau analisis kebutuhan, evaluasi para ahli, dan uji coba lapangan. Hasil pengembangan media video membuat batik jumput tanpa proses perebusan bagi peserta didik tunarungu di SLB-B Putra Harapan Bojonegoro diperoleh data sebagai berikut: (1) validasi ahli media sebesa 92,5%, (2) validasi ahli materi 1 sebesar 95%, (3) validasi ahli materi 2 sebesar 97,5%. Berdasarkan data hasil tes awal yang dilakukan pada 6 peserta didik menunjukkan nilai rata-rata 68,33 dan hasil tes akhir setelah menggunakan media video membuat batik jumput tanpa proses perebusan menunjukkan nilai rata-rata 87,5. Kesimpulan berdasarkan data tersebut, video membuat batik jumput tanpa proses perebusan bagi peserta didik tunarungu di SLB-B Putra Harapan Bojonegoro dinilai sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang diajukan adalah: (1) guru hendaknya mempersiapkan materi untuk penjelasan awal sebelum menyajikan media video, (2) bagi pengembang selanjutnya hendaknya lebih memperhatikan karakteristik dan kebutuhan peserta didik yang menjadi subjek penelitian agar dapat memberikan media yang sesuai. ii ABSTRACT Lestyani, Dyah Ayu, 2018. Development of Video Media for Making Batik Jumput without Boiling Process for Deaf Students in SLB-B Putra Harapan Bojonegoro. Undergraduate Thesis, Department of Special Education, Faculty of Education, State University of Malang. Advisors: (I) Drs. M. Shodiq A.M, M.Pd (II) Henry Praherdhiono S.Si., M.Pd Keywords: Development of Video Media, Making Batik Jumput, Deaf Students with hearing impairment are results learning problems. One of the learning problems is the understanding of the deaf students about the material which is presented by the teacher. To solved the problem, it takes instructional media in accordance with the needs and characteristics of students. In the media selection, video media as one type of media that displays images and sounds at the same time can explain the material for students more detail. For example, in the skill of making batik jumput. Materials making batik jumput is not easy, especially for deaf students if the explanation of materials in classical. Therefore, deaf students need a appropiate learning media so that it could help them to understand the material which is presented by the teacher. The aim of research is to make "Video Media for Making Batik Jumput Without Boiling Process for Deaf Students in SLB-B Putra Harapan Bojonegoro". The development of Video Media for Making Batik Jumput Without Boiling Process adapts 10 steps of Research & Development models from Borg and Gall which is simplified into 7 steps: (1) research and information gathering, (2) planning, (3) development of initial product design, (4) initial product validation, (5) initial product revision, (6) field trials, (7) revision of the final product. The analysis used is quantitative and qualitative to analyze the data collection from initial research or needs analysis, expert evaluation, and field trials. The results of this study was as follows: (1) validation of media experts are 92.5%, (2) validation expert material 1 are 95%, ( 3) validation of material expert 2 are 97.5%. Based on the result of preliminary test data showed an average score of 68.33 and the result of final test after using video media for making batik jumput without boiling process showed an average score of 87.5. The conclusion was considered very valid and can be used without revision as a learning media. The suggestions are: (1) the teacher should prepare the material for the initial explanation before presenting the video media, (2) the next developer should pay more attention to the characteristics and needs of students who become the subject of research in order to provide appropriate media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9025

Actions (login required)

View Item View Item