Pengembangan media video pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan sex education bagi peserta didik tunarungu di SDLB-B YPTB Kota Malang / Nur Latifah Hanum

Hanum, Nur Latifah (2018) Pengembangan media video pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan sex education bagi peserta didik tunarungu di SDLB-B YPTB Kota Malang / Nur Latifah Hanum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanum, Nur Latifah. 2018. Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengetahuan Sex Education bagi Peserta Didik Tunarungu di SDLB-B YPTB Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Unversitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Abdul Huda, M.Pd, (II) dr. Agung Kurniawan, M.Kes. Kata Kunci : Tunarungu, Sex Education, Menstruasi Tunarungu merupakan salah satu anak berkebutuhan khusus yang juga berhak memperoleh pendidikan yang layak dan bermutu. Namun, dalam proses pembelajaran, peserta didik tunarungu seringkali salah dalam memaknai informasi atau materi yang diberikan oleh guru terlebih jika materi yang diberikan berkaitan dengan sesuatu yang abstrak seperti menstruasi, sehingga dalam penyampaiannya memerlukan media yang dapat memudahkan tunarungu untuk meningkatkan pengetahuannya tentang pendidikan seks khususnya menstruasi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah membuat produk berupa media video pembelajaran berbasis audio-visual dengan judul ÔÇ£Cakap Hadapi MenstruasiÔÇØ bagi peserta didik tunarungu. Pengembangan produk dilaksanakan dengan metode adaptasi dari Borg dan Gall, yaitu (1) Penelitian dan pengumpulan data; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan desain produk awal; (4) Validasi produk awal; (5) Revisi produk awal; (6) Uji coba lapangan, dan (7) Revisi produk akhir. Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba dilaksanakan dengan sasaran peserta didik tunarungu di SDLB-B YPTB Kota Malang yang telah mengalami menstruasi. Instrumen pengumpulan data adalah angket untuk validasi dan tes untuk uji coba. Hasil pengembangan telah menunjukkan bahwa produk berupa media video pembelajaran ÔÇ£Cakap Hadapi MenstruasiÔÇØ layak untuk digunakan bagi peserta didik tunarungu di SDLB-B YPTB Kota Malang yang telah mengalami menstruasi. Hasil pengembangan diperoleh melalui angket validasi dengan skor maksimal 4 dan skor minimal 1. Skor validasi ahli media adalah 96% (sangat layak digunakan). Skor validasi ahli materi adalah 97% (sangat layak digunakan). Sedangkan hasil implementasi menyebutkan skor rata-rata seluruh peserta didik pada pre-test adalah 42 dan pada post-test adalah 91 sehingga produk yang dikembangkan sudah efektif digunakan. Saran bagi guru, media ini dapat digunakan untuk mempermudah penyampaian materi tentang mesntruasi. Dalam cakupan yang luas, media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai materi pelajaran PJOK dan IPA tentang kesehatan reproduksi. Saran bagi peserta didik, supaya mempraktikkan beberapa materi dalam video yaitu cara memilih pembalut, cara mengatasi dismenorea dan cara menjaga kebersihan organ reproduksi. Peserta didik harus bertanya apabila ada materi yang belum dimengerti.Saran diseminasi yaitu supaya produk disampaikan ke sasaran yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9024

Actions (login required)

View Item View Item