Penyelenggaraan full day school (studi kasus di SMPLB Negeri Malang) / Ika Nur Aini

Aini, Ika Nur (2018) Penyelenggaraan full day school (studi kasus di SMPLB Negeri Malang) / Ika Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Aini, Ika Nur. 2018. Penyelenggaraan Program Full Day School (Studi Kasus di SMPLB Negeri Malang). Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Abdul Huda, M.Pd., (II) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn. Kata Kunci: full day school, sekolah luar biasa. Full day school merupakan pembelajaran di sekolah mulai pagi sampai sore. Proses pembelajaran lebih lama di sekolah dan tidak hanya berlangsung di dalam kelas. Terdapat tambahan jam sekolah untuk pengayaan materi ajar dengan metode pembelajaran kreatif guna menambah wawasan serta memperdalam ilmu pengetahuan, menyelesaikan tugas dengan bimbingan guru, pembinaan mental, jiwa dan moral anak. Pelaksanaan full day membawa banyak keresahan masyarakat khususnya para orang tua yang mengkhawatirkan kondisi fisik dan psikis anak karena satu hari mengerjakan tugas-tugas sekolah. Berdasarkan studi pendahuluan di SMPLB Negeri Malang, diketahui bahwa sekolah melaksanakan program full day school dengan durasi waktu belajar mulai pukul 07.30 sampai dengan 14.30 WIB. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan pemahaman program full day school di SMPLB Negeri Malang; (2) mendiskripsikan program-program yang dilaksanakan selama full day school; (3) mendiskripsikan faktor pendukung dalam pelaksanaan program full day school; (4) mendiskripsikan efektifitas pelaksanaan full day school. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan full day school di SMLB Negeri Malang diawali adanya himbauan dari Kemendikbud untuk melaksanakan program baru. Pihak sekolah sepakat melakukan perubahan dan dilanjutkan melaksanakan rapat bersama komite sekolah. Hasil rapat disampaikan kepada orang tua peserta didik mengenai perubahan waktu sekolah dan jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan; (2) Program full day school dilaksanakan pada waktu pagi dan siang hari, untuk pagi hari adalah pembelajaran akademis, sedangkan siang hari adalah kegiatan pengembangan diri seperti cleaning service, menjahit, tataboga, dan lain-lain; (3) Faktor pendukung keberhasilan adalah pertama dari pihak guru sepakat melaksanakan perubahan waktu belajar dari enam hari menjadi lima hari, kedua adalah peserta didik lebih senang dilaksanakan full day school karena memiliki waktu lebih lama bertemu teman-teman di sekolah, ketiga adalah orang tua memberikan dukungan adanya full day school; (4) Hasil evaluasi setiap akhir tahun yang dilaksanakan sekolah menunjukkan bahwa pelaksanaan full day school membawa perubahan yaitu kegiatan pengembangan diri lebih dapat difokuskan dan peserta didik lebih terampil dalam kegiatan yang diikutinya. Kesimpulan dari hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan, pelaksanaan program full day scool di SMPLB Negeri Malang sudah berjalan dengan baik dan sesuai. Saran yang diberikan antara lain (1) Proses perencanaan kegiatan program full day school yang dilakukan sekolah perlu mempertimbangkan peserta didik yang tidak mampu mengikuti kegiatan sekolah sampai sore hari, sehingga ada kegiatan lain yang menjadi pengganti kegiatan full day, pada proses pelaksanaan kebutuhan belajar ABK di bagian sarana yang sudah ada di dalam lingkungan sekolah digunakan dengan optimal, evaluasi dan tindak lanjut ditentukan kebutuhan mana yang hendak diperbaiki, diperbanyak, dihilangkan dan lain-lain; (2) Kepada peneliti lain kedepannya diharapkan akan lebih fokus dan teliti dalam menjelaskan tentang penelitian diatas dengan datadata dan sumber-sumber yang lebih banyak dan lengkap serta dapat di pertanggung jawabkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9022

Actions (login required)

View Item View Item