Peningkatan keterampilan orientasi dan mobilitas melalui penggunaan tongkat bagi penyandang tunanetra di SLB PGRI 1 Tulungagung / Rika Yulia Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan orientasi dan mobilitas melalui penggunaan tongkat bagi penyandang tunanetra di SLB PGRI 1 Tulungagung / Rika Yulia Rahmawati

Rahmawati, Rika Yulia (2018) Peningkatan keterampilan orientasi dan mobilitas melalui penggunaan tongkat bagi penyandang tunanetra di SLB PGRI 1 Tulungagung / Rika Yulia Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Rika Yulia. 2018. Peningkatan Keterampilan Orientasi dan Mobilitas Melalui Penggunaan Tongkat Bagi Penyandang Tunanetra di SLB PGRI 1 Kedungwaru Tulungagung. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sudarsini M.Pd (II) Dr. Asep Sunandar S.Pd M.AP Kata Kunci tongkat tunanetra orientasi mobilitas Pendidikan luar biasa adalah salah satu layanan pendidikan khusus untuk penyandang-penyandang yang memiliki hambatan pada penglihatan. Salah satu layanan khusus adalah orientasi dan mobilitas menggunakan tongkat. Layanan ini diperuntukan untuk penyandang tunanetra. Layanan ini membuat penyandang tunanetra lebih mandiri dalam penguasaan lingkungan sekitarnya. Namun di SLB PGRI 1 Kedungwaru Tulungagung belum memiliki layanan ini sehingga peneliti berinisiatif melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan orientasi dan mobilitas penyandang tunanetra sebelum dan setelah menggunakan tongkat. Penelitian ini juga untuk mendeskripsikan penggaruh penggunaan tongkat terhadap keterampilan orientasi dan mobilitas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain satu kelompok atau one grup pre-test post-test. Data penelitian yang berupa penilaian hasil penggunaan tongkat dalam berorientasi dan bermobilitas dihimpun dengan instrumen unjuk kerja melalui lembar observasi dengan skala penilaian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai uji validitas 2 ahli materi sebesar 66 5% yang artinya instrument cukup valid untuk digunakan. Nilai pretest dan post-test memperlihatkan perbedaan yang signifikan. Perubahan nilai selalu positif. Jika dilihat dengan uji tanda (sign test) maka penggunaan tongkat berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan orientasi dan mobilitas. Penggunaan tongkat sangat membantu penyandang tunanetra dalam berorientasi dan bermobilitas. Ini terbukti anak lebih mandiri ketika mereka beraktivitas. Berdasarkan penelitian ini penggunaan tongkat sangat berpengaruh dalam keterampilan orientasi dan mobilitas penyandang tunanetra sehingga perlu adanya pembelajaran tongkat di lingkungan sekolah. Karenanya pembelajaran tongkat adalah dasar dari pembelajaran orientasi dan mobilitas. Diharapkan penelitian ini dapat dilanjutkan dengan alat yang lebih canggih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9021

Actions (login required)

View Item View Item