Pelaksanaan pembelajaran vokasional keterampilan hantaran bagi siswa tunarungu SMALB di SLB Idayu 2 Malang / Yuliana Putri

Putri, Yuliana (2018) Pelaksanaan pembelajaran vokasional keterampilan hantaran bagi siswa tunarungu SMALB di SLB Idayu 2 Malang / Yuliana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Putri, Yuliana. 2017. Pelaksanaan Pembelajaran Vokasional Keterampilan Hantaran Bagi Siswa Tunarungu SMALB di SLB Idayu 2 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. M. Shodiq AM, M.Pd, (II) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Vokasional, Keterampilan Hantaran, Tunarungu Anak tunarungu merupakan salah satu anak berkebutuhan khusus yang mengalami hambatan pada pendengaran. Pada tingkat SMA merupakan tempat yang digunakan untuk memberikan pembekalan atau life skill agar dapat terjun di masyarakat dengan memiliki bekal. Pada pelaksanan program pembelajaran keterampilan, sekolah membuat perencanaan yang matang sebelum melakukan pembelajaran. Sebelumnya sekolah menentukan jenis keterampilan, sampai dengan pelaksanaannya yang dapat digunakan sebagai bekal hidup di masa depan. Fokus penelitian ini meliputi (1) Pelaksanaan pembelajaran vokasional keterampilan hantaran, (2) hambatan guru dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan hantaran, dan (3) Solusi dari hambatan pelaksanaan pembelajaran keterampilan hantaran bagi siswa tunarungu di SMALB Idayu 2 Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan peneliti sebagai instrument utama. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Sementara itu pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan teknik triangulasi (triangulasi teknik dan triangulasi sumber) yang selanjutnya yaitu member check. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran keterampilan diawali dengan rapat untuk menentukan jenis keterampilan, menentukan jenis keterampilan,. Pelaksanaan keterampilan guru keterampilan menyusun program keterampilan yang berisi kegiatan, indikator dan tujuan pembelajaran. Saran ditujukan kepada kepala sekolah untuk mengajukan permohonan kerja sama kepada pihak pelaku usaha keterampilan hantaran sehingga anak dapat menguasai lebih mendalam keterampilan hantaran selanjutnya yaitu pengadaan ruang khusus untuk keterampilan di SMALB Idayu 2 Malang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9019

Actions (login required)

View Item View Item