Narita, Baiq Lola (2018) Penyediaan kebutuhan belajar ABK pada sekolah inklusi (studi kasis di SMPN 4 Sidoarjo) / Baiq Lola Narita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Narita Baiq Lola. 2017. Penyediaan Kebutuhan Belajar ABK pada Sekolah Inklusi (studi kasus di SMPN 4 Sidoarjo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sudarsini M.Pd (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci Kebutuhan belajar ABK Sekolah Inklusi Anak usia belajar dan anak berkebutuhan khusus memiliki kesempatan belajar yang sama sesuai dengan kebutuhannya. Dalam menempuh pendidikan di suatu lembaga anak reguler dan ABK membutuhkan penunjang dalam pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik setiap anak. Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif dan ditunjuk sebagai sekolah percontohan/piloting yang berada di Sidoarjo yaitu SMP Negeri 4 Sidoarjo. Fokus penelitian meliputi (1) perencanaan kebutuhan belajar ABK di SMP Negeri 4 Sidoarjo (2) pelaksanaan/pengorganisasian kebutuhan belajar ABK di SMP Negeri 4 Sidoarjo dan (3) evaluasi kebutuhan belajar ABK di SMP negeri 4 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi dan peneliti sebagai instrument kunci. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas dengan cara prolonged Engagement Persistent observation dan triangulation (triangulasi teknik dan triangulasi sumber). Temuan penelitian menunjukkan perencanaan berlandaskan pada Rencana Kerja Sekolah. Sedangkan penentuan kurikulum melalui tiga tahap yaitu (1) dokumen I (rapat dinas antar guru menentukan visi misi dan tujuan) (2) dokumen II (silabus) dan (3) dokumen III (RPP modifikasi). Pelaksanaan kebutuhan belajar pada fungsi prasarana sebagai penunjang dalam aspek kognitif afektif dan psikomotor. Pada tahap evaluasi kebutuhan belajar ABK di sekolah dilakukan oleh supervise dari pihak sekolah (internal) dan eksternal. Saran ditujukan kepada pihak sekolah yang terlibat dalam penyediaan kebutuhan belajar ABK di sekolah untuk mempertimbangkan penerimaan peserta didik baru yang lebih bervariasi. Karena ada beberapa penunjang yang tidak terpakai. Serta menggunakan ruang yang tak terpakai sebagai ruangan untuk menunjang kebutuhan belajar ABK yang lebih beragam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9018 |
Actions (login required)
View Item |