Pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita kelas II di SD Unggulan Permatajingga Malang / Sindi Khairani Shabrina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita kelas II di SD Unggulan Permatajingga Malang / Sindi Khairani Shabrina

Shabrina, Sindi Khairani (2018) Pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita kelas II di SD Unggulan Permatajingga Malang / Sindi Khairani Shabrina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shabrina Sindi Khairani. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Tunagrahita Kelas II di SD Unggulan Permatajingga Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. Kata kunci Tunagrahita kemampuan menulis permulaan media kartu kata. Siswa tunagrahita merupakan siswa yang mengalami hambatan dan keterbelakangan perkembangan mental intelektual jauh dibawah rata-rata. Hal ini mengakibatkan kemampuan membaca menulis dan berhitung siswa tunagrahita rendah. Salah satu media yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan yaitu dengan menggunakan media kartu kata. Penelitan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan menulis permlaan sebelum menggunakan media kartu kata (2) mendeskriptifkan kemampuan menulis permlaan sesudah menggunakan media kartu kata (3) mendeskriptifkan seberapa besar pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap peningkatan kemampuan menulis permulaan pada anak tunagrahita kelas II di SD Unggulan Permatajingga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR) disain A-B-A. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita kelas II di SD Unggulan Permatajingga Malang. Instrumen penelitian ini berupa lembar kerja kemampuan menulis permulaan. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis visual yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberikan intervensi kemampuan menulis permulaan termasuk dalam kategori rendah yang memiliki mean level sebesar 57% sedangkan sesudah diberikan intervensi memiliki mean level sebesar 85 5% dan pada kondisi control memiliki mean level 80 6%. Persentase overlape menunjukkan 0% yang artinya penggunaan media kartu kata berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita kelas II di SD Unggulan Permatajingga Malang. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis permulaan siswa berada pada kategori rendah sebelum menggunakan media kartu kata (2) kemampuan menulis permulaan siswa mengalami peningkatan ketika menggunakan media kartu kata (3) kemampuan menulis permulaan siswa tetap stabil dan meningkat setelah menggunakan media kartu kata (4) penggunaan media kartu kata berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita kelas II. Saran untuk guru diharapkan dapat menggunakan media yang sesuai dengan kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita yaitu dengan menggunakan media katu kata. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan media kartu kata pada subjek dengan karakteristik yang berbeda atau dengan target behavior yang berbeda sehingga dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9017

Actions (login required)

View Item View Item