Motivasi orang tua untuk menyekolahkan anaknya di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo / Nur Widayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Motivasi orang tua untuk menyekolahkan anaknya di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo / Nur Widayanti

Widayanti, Nur (2018) Motivasi orang tua untuk menyekolahkan anaknya di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo / Nur Widayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Widayanti Nur. 2018. Motivasi Orangtua untuk Menyekolahkan Anaknya di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Siti Asmah M. Pd (II) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty S. Pd M. Pd Kata Kunci Motivasi Intrinsik Ekstrinsik PAUD Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan bagi anak yang berusia 0-6 tahun yang diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. Adapun motivasi merupakan sebuah dorongan yang timbul karena adanya tujuan yang akan dicapai baik dari dalam diri seorang individu maupun yang berasal dari luar diri seorang individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis motivasi orangtua untuk menyekolahkan anaknya serta jenis motivasi yang paling mendominasi orangtua untuk menyekolahkan anaknya di lembaga PAUD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif analisis deskriptif. Rancangan penelitian deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan temuan yang ada. Penelitian ini dilakukan di KB (Kelompok Bermain) yang ada di Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 orangtua/ wali murid. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner/ angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi orangtua untuk menyekolahkan anaknya di lembaga PAUD disebabkan oleh adanya faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik meliputi kebutuhan dengan nilai persentase 66 36% tujuan dan harapan 84 14% serta minat 74 00%. Adapun faktor ekstrinsik yang meliputi pengaruh lingkungan dengan nilai persentase 50 20% prestise 54 90% dan faktor ekonomi 63 30%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut motivasi yang paling mendominasi orangtua untuk menyekolahkan anaknya di lembaga PAUD adalah faktor intrinsik dengan nilai persentase 74 91% sedangkan faktor ekstrinsik hanya memiliki nilai persentase sebesar 55 30%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat peneliti sampaikan adalah 1) bagi pendidik PAUD khusunya KB (Kelompok Bermain) di Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo hasil penelitian ini hendaknya sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan kebijakan-kebijakan pendidikan PAUD. 2) bagi peneliti lain hendaknya lebih lanjut mengadakan penelitian lain dengan menggunakan variabel responden dan teknik penelitian yang berbeda pula sehingga diharapkan dapat memperkaya referensi di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. 3) bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan kajian pengembangan studi yang berkaitan dengan motivasi orangtua di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9016

Actions (login required)

View Item View Item