Pengaruh intervensi berwudhu berbasis keluarga terhadap perilaku agresif anak tuna grahita ringan kelas III/C SLB Dharmawanita Pare / Beni Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh intervensi berwudhu berbasis keluarga terhadap perilaku agresif anak tuna grahita ringan kelas III/C SLB Dharmawanita Pare / Beni Setiawan

Setiawan, Beni (2018) Pengaruh intervensi berwudhu berbasis keluarga terhadap perilaku agresif anak tuna grahita ringan kelas III/C SLB Dharmawanita Pare / Beni Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawan Beni. 2017. Pengaruh Interfensi Berwudhu Berbasis Keluarga Terhadap Prilaku Agresif Anak Tuna Grahita Ringan Kelas III/C SLB Dharma Wanita Pare. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pebimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Astuti M.Pd (II) Pramono S.Pd. M.Or. Kata Kunci Intervensi berwudhu berbasis keluarga perilaku agresif tunagrahita Berwudhu merupakan suatu hal yang sering dilakukan oleh manusia terutama umat islam sebelum melakukan suatu hal dan merupakan hal yang wajib dilakukan ketika mau melaksanakan sholat lima waktu. Selain merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum sholat lima watu wudhu juga mempunya manfaat lain yaitu sebagai terapi amarah. Karena dengan berwudhu akan dapat meredam emosi. Pada penelitian ini menggunakan intervensi berwudhu berbasis keluarga dikarenakan keluarga merupakan orang yang paling dekat dengan anak. Dan keluarga juga memiliki kewajiban untuk membina anak sehingga dapat menjadi orang yang dapat bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat. Jadi berwudhu berbasis keluarga merupakan metode yang ditunjukan pada keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus pada rentang usia 0-6 tahun (usia dini) yang secara langsung atau tidak langsung berpengaruh pada anak. Intervensi bersumberdaya keluarga memiliki tujuan untuk membangun kekuatan orangtua keluarga dan anak memperkuat kondisi yang ada pada saat ini dan mengembangkan kompetensi baru pada anak Peilaku agresif merupakan perilaku yang dapat melukai orang lain. Dalam penelitian ini perilaku agresif difokuskan kepada perilaku berkata kasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Intervensi berwudhu berbasis keluarga terhadap perilaku agresif khususnya berkata kasar pada anak tunagrahita ringan kelas III/C di SLB Dharmawanita Pare. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) dengan desain A1-B-A2. Subyek penelitian merupakan anak tunagrahita ringan kelas III yakni subyek NF. Pengumpulan data menggunakan observasi pada saat pelaksanaan baseline-1 intervensi dan baseline-2 serta wawancara. Data yang diperoleh dianalisis melalui statisik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Pengumpulan data melalui pengukuran pengendalian perilaku agresif terfokus pada perilaku berkata kasar melalui frekuensi munculnya perilaku (target behavior). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Intervensi berwudhu berbasis keluarga berpengaruh terhadap pengendalian perilaku agresif khususnya perilaku berkata kasar pada anak tunagrahita ringan.. Di samping itu terdapat peningkatan kemampuan subyek dalam memahami hal-hal yang berkaitan dengan pengendalian perilaku agresif anak tunagrahita ringan. Berdasarkan frekuensi munculnya target behavior pada kondisi baseline-1 (A1) terdapat lima sesi pada saat intervensi (B) terdapat delapan sesi serta pada kondisi baseline-2 (A2) terdapat lima sesi. Pada kondisi baseline-2 (A2) frekuensi perilaku agresif berkata kasar kembali meningkat pasca pemberian intervensi meskipun begitu kondisi baseline-2 (A2) lebih baik dari pada sebelum diberikan intervensi atau kondisi baseline-1 (A1).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9015

Actions (login required)

View Item View Item