Pengembangan media labirin untuk meningkatkan pembentukan mind map pada peserta didik tunanetra dalam melakukan orientasi dan mobilitas di SMALB Negeri Pandaan / Rizkianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media labirin untuk meningkatkan pembentukan mind map pada peserta didik tunanetra dalam melakukan orientasi dan mobilitas di SMALB Negeri Pandaan / Rizkianto

Rizkianto (2018) Pengembangan media labirin untuk meningkatkan pembentukan mind map pada peserta didik tunanetra dalam melakukan orientasi dan mobilitas di SMALB Negeri Pandaan / Rizkianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizkianto. 2017. Pengembangan Media labirin Untuk Meningkatkan Pembentukan Mind Map Pada Peserta Didik Tunanetra Dalam Melakukan Orientasi Mobilitas di SMALB Negeri Pandaan. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd. Kata kunci tunanetra labirin mind map orientasi dan mobilitas Orientasi dan mobilitas termasuk program khusus yang bersifat abstrak sehingga guru membutuhkan media pembelajaran yang tepat dalam mengajarkannya kepada peserta didik tunanetra. Modifikasi media dubutuhkan dalam proses pembelajaran agar peserta didik tunanetra dapat menerima materi orientasi dan mobilitas dengan mudah. Permasalahan pada penelitian ini adalah keterbatasan media dalam penyampaian materi komponen khusus orientasi meliputi compass direction numbering system dan clue. peserta didik tunanetra hanya menyimak materi yang disampaikan guru sehingga mereka kesulitan dalam mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari. Media yang dapat dikembangkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah media labirin yaitu media berbentuk papan dengan ciri khas adanya tanda0tanda timbul. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media labirin untuk meningkatkan pembentukan mind map pada peserta didik tunanetra dalam melakukan orientasi dan mobilitas di SMALB Negeri Pandaan dengan mengadaptasi model pengembangan dari Borg and Gall yang meliputi 10 langkah dan disederhanakan menjadi 7 langkah. Subjek uji coba produk terdiri dari ahli media ahli materi dan ahli pembelajaran ABK serta 2 peserta didik tunanetra di SMALB Negeri Pandaan. Hasil penelitian ini 1) ditunjukkan melalui nilai validasi sebagai berikut 1) nilai validasi ahli media sebesar 82 5% (Sangat Layak) 2) nilai validasi ahli materi sebesar 77 5% (Layak) dan 3) nilai validasi ahli pembelajaran ABK sebesar 90% (Sangat Layak). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media labirin dapat digunakan oleh peserta didik tunanetra. Saran penelitian meliputi 1) guru disarankan untuk menggunakan media labirin pada pembelajaran orientasi dan mobilitas terutama materi compass direction numbering system dan clue 2) peneliti selanjutnya dengan topik pengembangan yang sama disarankan untuk mengkaji kembali media pembelajaran yang ada demi kesempurnaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9013

Actions (login required)

View Item View Item