Pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan memahami isi bacaan pada siswa tunarungu kelas VII di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang / Risma Laurentia Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan memahami isi bacaan pada siswa tunarungu kelas VII di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang / Risma Laurentia Putri

Putri, Risma Laurentia (2018) Pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan memahami isi bacaan pada siswa tunarungu kelas VII di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang / Risma Laurentia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Laurentia Risma. 2017. Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Siswa Tunarungu Kelas VII Di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang. Skripsi S1 PLB Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M. Efendi M.Pd M.Kes (2) Dr. Sihkabuden M.Pd Kata Kunci Tunarungu kemampuan memahami isi bacaan sosiodrama Ketidakberfungsian organ pendengaran pada tunarungu mengakibatkan terhambatnya perkembangan bahasa dan bicara sehingga pada anak tunarungu mengalami hambatan dalam memperoleh informasi. Anak tunarungu diberi informasi dengan pengajaran khusus agar anak dapat mamahami konsep yang dimaksud dengan benar. Siswa tunarungu sangat memerlukan bimbingan dalam upaya menanamkan pembelajaran yang baik efektif dan menarik. Sehubungan dengan hal tersebut siswa tunarungu perlu dibekali pengajaran memahami suatu isi bacaan. Tujuan pengajarannya adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan memahami isi bacaan sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa metode sosiodrama pada siswa tunarungu kelas VII di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Eksperimen dengan desain One Group Pre Test-Post Test. Dimana penelitian ini hanya terdapat satu kelompok saja tanpa adanya kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan perolehan rata-rata pada tahap pre test sebesar 42 5 sedangkan perolehan rata-rata pada tahap post test meningkat sebesar 79 5 setelah dilakukan intervensi. Dari perhitungan tersebut dapat dinyatakan adanya pengaruh penggunaan metode sosiodrama sebagai bentuk intervensi terhadap kemampuan memahami isi bacaan. Adapun saran bagi Guru dalam penelitian ini adalah Guru dapat menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. ABSTRACT Laurentia Risma. 2017. The Effect of Sociodrama to the Ability in Understanding Reading Content for Deaf Students in 7th Grade SMPLB Bhakti Wanita Lumajang. Sarjana is Thesis Study Program of Special Education Department of Special Education Faculty of Education State University of Malang. Supervisors (1) Prof. Dr. M. Efendi M.Pd M.Kes (2) Dr. Sihkabuden M.Pd Keywords deaf ability in understanding reading content sociodrama Dysfunctional hearing organ to the deaf people result in late development of language and speaking thus deaf children have obstacles in getting information. Deaf children given by information using special teaching in order to make the deaf children able to understand the intended concept appropriately. Deaf students really need guidance in attempt to impart good effective and interesting learning. Related to the explanation above deaf students given by learning in order to understand reading content. The goal of this learning is to improve ability in understanding reading content. The objective of this research as follows (1) to know the effect towards the use of sociodrama method to the ability in understanding reading content for deaf students in 7th Grade SMPLB (Junior High School of Special Education) Bhakti Wanita Lumajang. This research used experimental research design with one group pre test- post test. In which this research only had one group without control group. The research result showed that average score in pre test was 42 5 while in the post test the average score improved to be 79 5 after conducted by intervention. From the analysis above it could be stated that there was an effect towards the use of sociodrama method as intervention to the ability in understanding reading content. While suggestion for teachers in this research is teachers should use learning method as with student characteristic and needs.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9011

Actions (login required)

View Item View Item