Implementasi layanan bimbingan kematangan karir bagi peserta didik berkebutuhan khusus di SMK Inklusi di Kota Malang / Serlia Wega Novitarani

Novitarani, Serlia Wega (2018) Implementasi layanan bimbingan kematangan karir bagi peserta didik berkebutuhan khusus di SMK Inklusi di Kota Malang / Serlia Wega Novitarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novitarani, Serlia. W. 2017. ImplementasiLayananBimbinganKematanganKarirBagiPesertaDidikBerkebutuhanKhusus Di SMK Inklusi Di Kota Malang. Skripsi, JurusanPendidikanLuarBiasa, FIP, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Mohammad Effendi, M.Pd, M.Kes., (II) EkaPramono, M.Si. Kata Kunci: Layananbimbingankematangankarir, pesertadidikberkebutuhankhusus, SMK Inklusi. Selamamenempuhpendidikan di sekolahkejuruaninklusipesertadidikberkebutuhankhusustelahmendapatkanilmuketerampilan, namunmasihmembutuhkanbimbingandalamsetiappengambilankeputusankarirsetelahlulussekolah. Olehkarenaituperlukajianintensiftentanglayananbimbingankematangankarirbagipesertadidikberkebutuhankhusus di sekolahkejuruaninklusi di kota Malang. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanimplementasilayananbimbingankematangankarirbagipesertadidikberkebutuhankhusus di sekolahkejuruaninklusi. Layananbimbingantersebutmeliputienamaspekkematangankariryaituperencanaankarir, eksplorasikarir, pengetahuantentangmembuatkaputusankarir, pengetahuan (informasi) tentangduniakerja, pengetahuantentangkelompokpekerjaan yang lebihdisukai, realisasikeputusankarir. Penelitianmenggunakanpendekatanpenelitiandeskriptifkuantitatifdenganpersentase. Sampelpenelitianiniadalahseluruh guru BK, GPK danWaliKelas di lima sekolahkejuruaninklusi di kota Malang, yang terdapat 5 sekolahmenurut data DinasPendidikan Kota Malang yang berjumlah 39responden. InstrumenpenelitianmenggunakanangketdenganskalaGuttmandenganmengembangkanaspekkematangankarir yang dikembangkanoleh Donald. E. Super. Analisis data mengguakanteknikanalisisdeskriptifpersentase. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa rata-rata (82,7%) aspekdalamkematangantelahterlaksanadenganbaik. Terdapatsatupernyataanpadaaspekrealisasikeputusankariryang memiliki data sebesar 40 %, yang artinyabahwapesertadidikberkebutuhankhususbelummampumengambilkeputusanmengenaimasadepannyasecaramandiritanpabimbingandanbantuan orang tua. Saran bagi guru pembimbinguntukmengembangkan program bimbingansupayapesertadidikberkebutuhankhususmemilikikematangandalampengambilankeputusankarir. Bagisekolahdapatmenjadisumberinformasiatau data yang membantudalambimbinganpadapesertadidikberkebutuhankhususpadapenyusunan program bimbingankarir, sehinggatujuandaripelaksanaanlayananbimbingandapattercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9010

Actions (login required)

View Item View Item