Implementasi layanan bimbingan kematangan karir bagi peserta didik berkebutuhan khusus di SMK Inklusi di Kota Malang / Serlia Wega Novitarani

Novitarani, Serlia Wega (2018) Implementasi layanan bimbingan kematangan karir bagi peserta didik berkebutuhan khusus di SMK Inklusi di Kota Malang / Serlia Wega Novitarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novitarani Serlia. W. 2017. ImplementasiLayananBimbinganKematanganKarirBagiPesertaDidikBerkebutuhanKhusus Di SMK Inklusi Di Kota Malang. Skripsi JurusanPendidikanLuarBiasa FIP UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mohammad Effendi M.Pd M.Kes. (II) EkaPramono M.Si. Kata Kunci Layananbimbingankematangankarir pesertadidikberkebutuhankhusus SMK Inklusi. Selamamenempuhpendidikan di sekolahkejuruaninklusipesertadidikberkebutuhankhusustelahmendapatkanilmuketerampilan namunmasihmembutuhkanbimbingandalamsetiappengambilankeputusankarirsetelahlulussekolah. Olehkarenaituperlukajianintensiftentanglayananbimbingankematangankarirbagipesertadidikberkebutuhankhusus di sekolahkejuruaninklusi di kota Malang. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanimplementasilayananbimbingankematangankarirbagipesertadidikberkebutuhankhusus di sekolahkejuruaninklusi. Layananbimbingantersebutmeliputienamaspekkematangankariryaituperencanaankarir eksplorasikarir pengetahuantentangmembuatkaputusankarir pengetahuan (informasi) tentangduniakerja pengetahuantentangkelompokpekerjaan yang lebihdisukai realisasikeputusankarir. Penelitianmenggunakanpendekatanpenelitiandeskriptifkuantitatifdenganpersentase. Sampelpenelitianiniadalahseluruh guru BK GPK danWaliKelas di lima sekolahkejuruaninklusi di kota Malang yang terdapat 5 sekolahmenurut data DinasPendidikan Kota Malang yang berjumlah 39responden. InstrumenpenelitianmenggunakanangketdenganskalaGuttmandenganmengembangkanaspekkematangankarir yang dikembangkanoleh Donald. E. Super. Analisis data mengguakanteknikanalisisdeskriptifpersentase. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa rata-rata (82 7%) aspekdalamkematangantelahterlaksanadenganbaik. Terdapatsatupernyataanpadaaspekrealisasikeputusankariryang memiliki data sebesar 40 % yang artinyabahwapesertadidikberkebutuhankhususbelummampumengambilkeputusanmengenaimasadepannyasecaramandiritanpabimbingandanbantuan orang tua. Saran bagi guru pembimbinguntukmengembangkan program bimbingansupayapesertadidikberkebutuhankhususmemilikikematangandalampengambilankeputusankarir. Bagisekolahdapatmenjadisumberinformasiatau data yang membantudalambimbinganpadapesertadidikberkebutuhankhususpadapenyusunan program bimbingankarir sehinggatujuandaripelaksanaanlayananbimbingandapattercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9010

Actions (login required)

View Item View Item