Efektivitas media huruf bergambar terhadap kemampuan menulis permulaan bagi siswa tunagrahita ringan kelas 1 SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang / Riska Ayu Setya Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas media huruf bergambar terhadap kemampuan menulis permulaan bagi siswa tunagrahita ringan kelas 1 SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang / Riska Ayu Setya Wardani

Wardani, Riska Ayu Setya (2018) Efektivitas media huruf bergambar terhadap kemampuan menulis permulaan bagi siswa tunagrahita ringan kelas 1 SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang / Riska Ayu Setya Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ayu Riska. 2017. Efektivitas Media Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci huruf bergambar menulis permulaan tunagrahita ringan Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang diketahui bahwa kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I masih kurang. Pada kagiatan menulis siswa diketahui ada beberapa yang belum bisa menulis siswa hanya merobek buku ketika diberi buku atau lembar kerja dan siswa cenderung pasif. Selain itu guru juga belum menggunakan media yang bervariasi sehingga siswa tidak memiliki ketertarikan dalam belajar siswa. Siswa hanya menyalin tulisan dari papan tulis tanpa adanya media. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang sebelum diberikannya perlakuan (2) untuk mengetahui kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang sesudah penggunaan media huruf bergambar (3) untuk mengetahui efektivitas media huruf bergambar terhadap kemampuan emnulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain One Group Times Series Desain. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang yang berjumlah 5 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument tes tulis. sebelum menggunakan media huruf bergambar diketahui nilai rata-rata pretest siswa 39. Sesudah menggunakan media huruf bergambar diketahui nilai rata-rata posttest siswa mengalami peningkatan menjadi 72 75. Dari hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan nilai sig 2 tailed sebesar 0 01. Nilai sig 2 tailed 0 01 0 05 maka hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh media huruf bergambar terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I SDLB BC Kepanjen Kabupaten Malang. Saran pada penelitian ini ditunjukkan kepada (1) Kepala sekolah diharapkan dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk pengembangan pembelajaran di sekolah (2) Guru diharapkan dapat menerapkan media huruf bergambar dalam pembelajaran menulis permulaan (3) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan media huruf bergambar pada subjek penelitian dengan hambatan dan karakteristik yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9009

Actions (login required)

View Item View Item