Pengaruh penggunaan geobord terhadap pemahaman konsep Bangun datar bagi siswa tunagahita ringan kelas 3 di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto / Sielmy Dwi Kurnia

Kurnia, Sielmy Dwi (2018) Pengaruh penggunaan geobord terhadap pemahaman konsep Bangun datar bagi siswa tunagahita ringan kelas 3 di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto / Sielmy Dwi Kurnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Sielmy Dwi Kurnia, 2017. Pengaruh Penggunaan Media Geoboard Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Kelas 3 di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto, Skripsi?© Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs, Ir. Endro Wahyuno, M.Si. (II) Dr. Sulthoni, M.Pd. Kata kunci: Media Geoboard, Konsep Bangun Datar, Tunagrahita Ringan Anak tunagrahita ringan merupakan anak yang memiliki IQ dibawah rata-rata sehingga dibutuhkan alat bantu atau media yang konkrit agar memudahkan anak dalam mengingat pelajaran. Media Geoboard diharapkan dapat membantu anak tunagrahita ringan untuk mengenal bentuk bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai yang didapat siswa saat sebelum dan sesudah menggunakan media geoboard dan mengetahui seberapa besar pengaruh media geoboard terhadap pemahaman konsep bangun datar pada siswa tunagrahita ringan kelas 3 di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto. Metode penelitian ini menggunakan Pre-experimental One Group Pretestposttest. Data peneliti didapat dari perbandingan hasil pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tulis dan metode observasi sebagai mengukur proses kerja siswa dalam menggunakan media geoboard. kegiatan analisis data dengan membandingkan hasil pretest dan posttest. Pada tahap evaluasi data diolah dengan menggunakan uji WilcoxonÔÇÖs Signed Rank Test dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa pretest atau nilai yang didapat sebelum dilakukan treatment dengan nilai rata-rata 38. Siswa hanya mampu menyebutkan nama-nama bangun datar dan terlihat malas saat mengerjakan soal. Nilai posttest merupakan nilai yang diperoleh setelah diberikan treatment dengan nilai rata-rata 92. Siswa nampak antusias saat mengerjakan soal setelah diberikaan treatment terlihat siswa mampu mengerjakan soal. Terdapat nilai perbandingan hasil nilai rata-rata pretest dan nilai rata-rata posttest sebesar 54 %. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep bangun datar siswa tunagrahuta ringan kelas 3 di SLB PGRI Dlanggu Mojokerto. Saran dari penelitian ini media geoboard dapat membantu bagi sekolah, guru, dan siswa karena dengan media geoboard siswa lebih mudah memahami konsep bangun datar. Peneliti mengharapkan ada penelitian lanjutan yang membahas tentang kemampuan pemahaman konsep bangun datar dengan menggunakan media geoboard.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9008

Actions (login required)

View Item View Item