Pengaruh media kamus bahasa Indonesia bergambar terhadap pemahaman kosakata siswa tunarungu di SDLB BC Kepanjen / Putri Buchika Widamelia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media kamus bahasa Indonesia bergambar terhadap pemahaman kosakata siswa tunarungu di SDLB BC Kepanjen / Putri Buchika Widamelia

Widamelia, Putri Buchika (2018) Pengaruh media kamus bahasa Indonesia bergambar terhadap pemahaman kosakata siswa tunarungu di SDLB BC Kepanjen / Putri Buchika Widamelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Buchika Widamelia Putri. 2017. Pengaruh Media Kamus Bahasa Indonesia Bergambar Terhadap Pemahaman Kosakata Siswa Tunarungu di SDLB BC Kepanjen.. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Shodiq AM M.Pd. (II) Dr. Hendry Praherdhiono S.Si M.Pd Kata Kunci Kamus Bahasa Indonesia bergambar Pemahaman Kosakata Tunarungu. Kehilangan pendengaran adalah kendala yang dialami anak tunarungu terutama dalam berkomunikasi. Hambatan komunikasi pada anak tunarungu antara lain kurangnya pemahaman kosakata sulit mengartikan ungkapan berkiasan dan sulit mengartikan kata-kata abstrak. Hal ini mengakibatkan sedikitnya pemahaman kosakata anak tunarungu. Berdasarkan kendala diatas anak tunarungu membutuhkan media yang tepat. Peneliti menggunakan media yang berfokus kepada indra penglihatan dalam memperoleh informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media kamus Bahasa Indonesia bergambar terhadap pemahaman kosakata anak tunarungu di SDLB BC Kepanjen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-Experimental Designs (nondesigns). Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes tulis. Terdapat dua jenis data yaitu hasil pre test (sebelum diberikan perlakuan) dan post test (setelah diberikan perlakuan). Penelitian ini dilaksanakan di SDLB-BC Kepanjen dengan subjek yang dipilih adalah siswa kelas VI yang berjumlah enam orang siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis data diketahui nilai rata-rata siswa pada pre-test ialah 56 1 dan rata-rata post-test ialah 91 6 Adapun hasil perhitungan Uji Wilcoxon diperoleh nilai 65533 8462 65533 65533 65533 65533 65533 0. Nilai kritis untuk uji Wilcoxon 945 0 05 dan n 6 (jumlah sampel) dari daftar uji Wilcoxon dan diperoleh 65533 65533 65533 65533 65533 65533 2. Dari perhitungan tersebut dinyatakan bahwa 65533 65533 diterima dan 65533 65533 ditolak sebab Thitung (0) 8804 Ttabel (2). Maka bisa dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan media Bahasa Indonesia bergambar terhadap pemahaman kosakata anak tunarungu. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang diajukan bagi sekolah dan guru media pembelajaran kamus Bahasa Indonesia bergambar dapat dijadikan alternatif media dalam pembelajaran bahasa indonesia sehingga mampu menambah kosakata siswa. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya media ini dapat dijadikan referensi dan pertimbangan untuk penelitian dengan bidang studi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9003

Actions (login required)

View Item View Item