Hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa tunarungu kelas XI di SMALB Bhakti Wanita Lumajang / Eka Widi Sushmitha - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa tunarungu kelas XI di SMALB Bhakti Wanita Lumajang / Eka Widi Sushmitha

Sushmitha, Eka Widi (2018) Hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa tunarungu kelas XI di SMALB Bhakti Wanita Lumajang / Eka Widi Sushmitha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sushmitha Ekawidi. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Tunarungu Kelas XI di SMALB Bhakti Wanita Lumajang Skripsi S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd. (II) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata Kunci Motivasi belajar dan Kemandirian Belajar Siswa Tunarungu Dalam mencapai prestasi belajar maksimal perlu dorongan yang memacu siswa untuk tekun dalam belajar. Proses yang terjadi dalam belajar melibatkan indra untuk membentuk pengetahuan baru. Pengetahuan baru akan menimbulkan perubahan dalam diri individu. Dorongan diperlukan agar siswa menyadari posisinya sebagai seorang pembelajar yang mandiri. Hasil observasi awal ditemukan adanya hubungan antara motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa tunarungu kelas XI. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hubungan antara motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa tunarungu kelas XI di SMALB Bhakti Wanita Lumajang. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan rancangan penelitian korelasional. Dilakukan di SMALB Bhakti Wanita Lumajang dengan jumlah responden sebanyak 10 siswa tunarungu kelas XI. Pengambilan data dilakukan dengan angket dan observasi. Data dianalisis dengan analisis korelasional Rank Spearman. Hasil penelitian terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dan kemandirian kemandirian belajar siswa tunarungu kelas XI dimana nilai korelasi spearman rho sebesar 0.815 dengan taraf signifikansi 0.004. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan linier positif dan searah antara motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa tunarungu kelas XI dan memiliki hubungan yang kuat. Orangtua dan guru hendaknya perlu memperhatikan motivasi belajar siswa tetap terjaga sehingga akan memunculkan kemandirian belajar pada siswa jika kemandirisn belajar dapat tercapai maka tujuan belajar akan terwujud dan prestasi belajar siswa menjadi meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9001

Actions (login required)

View Item View Item