Pengaruh media monopoli braille terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunanetra kelas II di SDLB-A YPAB Surabaya / Yulita Setianingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media monopoli braille terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunanetra kelas II di SDLB-A YPAB Surabaya / Yulita Setianingrum

Setianingrum, Yulita (2017) Pengaruh media monopoli braille terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunanetra kelas II di SDLB-A YPAB Surabaya / Yulita Setianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ningrum SetiaYulita 2016.Pengaruh Permainan Monopoli Braille Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Tunanetra Kelas II di SDLB-A YPAB Surabaya SKRIPSI Jurusan Pendidikan LuarBiasa FIP Universitas Negri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir.Endro Wahyuno M.Si (II) Dr. Asim M.Pd Kata Kunci Permainan monopoli braille membaca permulaan Membaca adalah kegiatan yang sangat penting yang melibatkan banyakhal tidak hanya sekedar melafalkan tulisan saja.Bagipesertadidikyang mengalamitunanetra mengembangkan kemampuan membaca pemulaan di kelas awal masih sangat sulit karena keterbatasan indra penglihatannya. Untuk mengatasi masalah tersebut perlua adanya inovasi dan modifikasi untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan. Permainan monopoli merupakan permainan yang terbuat dari papan yang berpetak-petak. Setiap petak monopoli akan di isi dengan kartu kata sederhana untuk dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada pesertadidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuanm embaca perrmulaan pesertadidik tunanetra sebelum menggunakan permaianan monopoli mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan peserta didik setelah mengguanakan permainan menggunakan permaianan monopoli mendeskripsikan pengaruh penggunaan permainan monopoli terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik tunanetra kelas II di SDLB-A YPAB Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian esperim ensemu (Quasi Eksperimen) dengan perbandingan subyek yang sama dalam kondisi yang berbeda. Instrument penelitian ini berupa teslisan dan tes kinerjauntuk pre tes dan post-tes.Teknik analisis yang digunakan adalah uji Wilcoxon yang diselesaikan secara manual. Hasil perhitungan uji Wilcoxon diperoleh niali 0. Nilaikritisuntukuji Wilcoxon 945 0 05 daridaftaruji Wicoxon diperoleh 2. Dari perhitungan tersebut dinyatakan bahwa diterima dan ditolak sebab 8804 . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan monopoli terhadap pengaruh yang signifikan dengan membaca permulaan Anak Tunanetra di SDLB-A YPAB Surabayai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9000

Actions (login required)

View Item View Item