Sawitri, Dyah Ayu (2017) Pengaruh finger painting terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita di SLB BC Kepanjen / Dyah Ayu Sawitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Sawitri Dyah Ayu. 2017. Pengaruh Finger painting Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Pada Siswa Tunagrahita Ringan di SLB BC Kepanjen Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Shodiq AM M.Pd (2) Drs. Agung Kurniawan M.Kes. Kata kunci Tunagrahita Finger painting Menulis Permulaan. Tunagrahita adalah anak yang memiliki keterbelakangan mental dan kecerdasan di bawah rata-rata sehingga membutuhkan layanan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan anak dalam pembelajarannya. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan menulis ini sangat mudah dipelajari oleh siswa regular namun sulit bagi siswa tunagrahita hal ini dikarenakan ia memiliki karakteristik yang memiliki hambatan kognitif (presepsi daya ingat berbahasa dll) motorik (motorik kasar maupun halus) dan penyesuaian sosialnya. Finger painting adalah salah satu kegiatan yang dapat melatih motorik halus pada siswa karna kegiatan finger painting memfokuskan pada gerak tangan siswa untuk menggoreskan warna-warna pada kertas secara bebas. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita sebelum diberikan finger painting. (2) bagaimana kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita sesudah diberikan finger painting. (3) adakah pengaruh finger painting terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan populasi dan sampel variabel bebas dan terikat instrumen penelitian validasi pengumpulan data analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dengan data hasil pretest dan posttest uji hipotesis. Hasil temuan penelitian ini adalah adanya pengaruh finger painting terhadap kemampuan daya ingat siswa tunagrahita ringan di SLB BC Kepanjen Malang. Adapun hasil perhitungan Uji Wilcoxon diperoleh nilai 0. Nilai kritis untuk uji Wilcoxon 945 0 05 dan n 6 (jumlah sampel) dari daftar uji Wilcoxon dan diperoleh 2. Dari perhitungan tersebut dinyatakan bahwa diterima dan ditolak sebab Thitung (0) 8804 Ttabel (2).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8999 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |