Laila, Ulfa Nurfaiz (2017) Kontribusi keterampilan sosial dan motif berprestasi terhadap prestasi belajar siswa berkebutuhan khusus di SLB BC Kepanjen / Ulfa Nurfaiz Laila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Laila Ulfa. 2017. Kontribusi Keterampilan Sosial dan Motif Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Di SLB BC Kepanjen. Skripsi Program S1 Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes (2) Drs. Abdul Huda M.Pd. Kata Kunci keterampilan sosial motif berprestasi prestasi belajar siswa berkebutuhan khusus Siswa berkebutuhan khusus di SLB BC Kepanjen menunjukkan perlu adanya peningkatan prestasi belajar dalam bidang akademik. Keterampilan sosial dan motivasi siswa dalam kegiatan belajar diduga mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan sosial motif berprestasi dan prestasi belajar siswa berkebutuhan khusus (2) menjelaskan hubungan keterampilan sosial dengan pretasi belajar siswa berkebutuhan khusus (3) menjelaskan hubungan motif berprestasi dengan prestasi belajar siswa berkebutuhan khusus dan (4) menjelaskan hubungan keterampilan sosial dan motif berprestasi secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa berkebutuhan khusus. Subjek penelitian ini adalah siswa berkebutuhan khusus di SLB BC Kepanjen sebanyak 57 siswa dari jenjang SD hingga SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dan dokumentasi dari nilai rapor selama siswa bersekolah di SLB BC Kepanjen. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan Product Moment Pearson dan regresi linier berganda menggunakan bantuan program SPSS for windows seri 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) 50 9% siswa berkebutuhan khusus di SLB BC Kepanjen memiliki keterampilan sosial rendah hingga sedang 52 6% siswa memliki tingkat motif berprestasi yang rendah hingga sedang dan 86% siswa memiliki prestasi belajar yang rendah hingga sedang (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara keterampilan sosial dengan prestasi belajar siswa berkebutuhan khusus dalam kategori cukup (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motif berprestasi dengan prestasi belajar siswa berkebutuhan khusus dalam kategori cukup (4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara keterampilan sosial dan motif berprestasi secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa berkebutuhan khusus. Saran diberikan kepada kepala sekolah guru serta orang tua supaya terus memperhatikan perkembangan prestasi belajar siswa berkebutuhan khusus dan hal-hal yang dapat mendukung perkembangan belajar siswa secara langsung maupun tidak langsung baik dari dalam diri siswa maupun luar diri siswa seperti keterampilan sosial dan motivasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8998 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |