Pengembangan tutorial pembaca layar Nonvisual Desktop Access (NVDA) berbasis audio untuk siswa tunanetra kelas XA SMALB Kedung Kandang Malang / I Gede Santika Yasa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tutorial pembaca layar Nonvisual Desktop Access (NVDA) berbasis audio untuk siswa tunanetra kelas XA SMALB Kedung Kandang Malang / I Gede Santika Yasa

Yasa, I Gede Santika (2017) Pengembangan tutorial pembaca layar Nonvisual Desktop Access (NVDA) berbasis audio untuk siswa tunanetra kelas XA SMALB Kedung Kandang Malang / I Gede Santika Yasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yasa I gede Santika Yasa. 2017. Pengembangan Tutorial penggunaan Pembaca Layar Nonvisual Desktop Access (NVDA) Berbasis Audio Untuk Siswa Tunanetra Kelas XI SMALB Kedungkandang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (2) Drs. Usep Kustiawan M.Sn Kata Kunci Tunanetra Penggunaan Pembaca Layar Media Audio Penguasaan komputer bicara mutlak diperlukan oleh peserta didik Tunanetra karena keterampilan tersebut mampu menunjang kognitif anak. Selain itu keterampilan menggunakan komputer bicara sangat diperlukan dalam dunia pendidikan khususnya di perguruan tinggi bahkan dalam dunia kerja. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas XI SMALB Kedungkandang pada saat pembelajaran TIK permasalahan yang peneliti temukan adalah masih rendahnya penguasaan komputer bicara peserta didik Tunanetra dan minimnya media yang mampu menjelaskan tentang materi pembaca layar. Penelitian ini peneliti lakukan untuk membuat media yang mampu mengajarkan Tunanetra untuk belajar secara mandiri keterampilan menggunakan komputer bicara peserta didik Tunanetra kelas XI SMALB Kedungkandang dengan mengadaptasi metode pengembangan Borg and Gall yang meliputi 10 langkah dan disederhanakan menjadi 7 langkah.Subjek uji coba produk terdiri dari ahli materi 1 ahli materi 2 ahli media dan peserta didik sebanyak 2 orang peserta didik kelas XI SMALB Kedungkandang. Hasil pengembangan produk ini diperoleh data sebagai berikut (1) Falidasi ahli materi 1 97 5 % (sangat layak) (2) Falidasi ahli materi 2 85 % (sangat layak) (3) Falidasi ahli media 97 61 % (sangat layak) (4) Hasil rata-rata pre test 41 65 dan post test meningkat menjadi 94 95. Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk tutorial penggunaan pembaca layar Nonvisual Desktop Access (NVDA) berbasis audio telah layak menjadi media pembelajaran untuk mengajarkan keterampilan menggunakan komputer bicara. Wujud media berupa audio tutorial yang menjelaskan tentang apa itu software NVDA cara penggunaan pembaca layar mulai dari cara penginstallan software NVDA dan shortcut key yang digunakan dalam NVDA. Kelebihan dari media ini adalah mudah dioperasikan bisa diputar dengan pemutar audio jenis apa saja dan mudah dipahami oleh peserta didik. Kekurangannya adalah terbatasnya materi pada cara penginstallan dan shortcut saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8997

Actions (login required)

View Item View Item