Implementasi senam pagi dalam membangun motivasi belajar siswa tunagrahita mampu didik di SMPLB Putra Jaya Malang / Azizah Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi senam pagi dalam membangun motivasi belajar siswa tunagrahita mampu didik di SMPLB Putra Jaya Malang / Azizah Rahmawati

Rahmawati, Azizah (2017) Implementasi senam pagi dalam membangun motivasi belajar siswa tunagrahita mampu didik di SMPLB Putra Jaya Malang / Azizah Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Azizah. 2017. Implementasi Senam Pagi dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita Mampu Didik di SMPLB Putra Jaya Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M. pd (2) Drs. Ahmad Samawi M. Hum. Kata Kunci Senam Pagi Motivasi Belajar Tunagrahita Mampu Didik. Dalam upaya membangun motivasi belajar siswa tunagrahita mampu didik dirasa lebih besar kendalanya dibandingkan dengan anak reguler karena sesuai dengan karakteristiknya siswa tunagrahita mengalami hambatan pada aspek kecerdasan intlektualnya yang berpengaruh pada kemampuan interpersonalnya khususnya untuk anak tunagrahita mampu didik cendrung lebih sulit untuk diduga permasalahannya karena nampak seperti anak regular sehingga sering terabaikan. Pada motivasi belajar tim guru dan kepala sekolah menjalin koordinasi untuk merencanakan pemilihan kegiatan rutin dalam mengawali kegiatan belajar mengajar bagi siswa tunagrahita mampu didik di SMPLB Putra Jaya Malang yang terdiri dari 4 siswa tunagrahita mampu didik. Siswa tersebut di bagi kedalam bentuk komposisi kelas yang berbeda sehinggapula memiliki orientasi belajar yang berbeda namun dengan pemilihan kegiatan senam setiap pagi ini diharapkan upaya pembangunan motivasi dapat memberikan kesiapan belajar yang sama bagi semua anak tunagrahita mampu didik di SMPLB Putra Jaya Malang. Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan pelaksanaan senam pagi dalam membangun motivasi belajar siswa. (2) Mendeskripsikan hambatan implementasi senam pagi dalam membangun motivasi belajar siswa (3) Mendeskripsikan solusi mengatasi hambatan implementasi senam pagi guna membangun motivasi belajar siswa. (4)Mendeskripsikan dampak senam pagi terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dari hasil teknik pengumpulan data analisis data dan pengecekan keabsahan temuan yang dilakukan peneliti menunjukan bahwasannya dalam implementasi kegiatan senam pagi di SMPLB Putra Jaya Malang didapati (1) Program senam pagi terdiri dari penyampiaan tujuan penentuan sasaran penanggung jawaban kegiatan pemilihan bentuk kegiatan senam pelaksanan dan pengadaan evaluasi. (2) Pelaksanaan senam pagi terdiri dari persiapan kegiatan senam pelaksanaan kegiatan senam hasil senam pagi dalam pembelajaran dan evaluasi. (3) Hambatan implementasi senam pagi terdapat kondisi siswa dan sarpras. (4) Solusi mengatasi hambatan berupa pendekatan afeksi dan cara alternatif.(5) Dampak implementasi senam pagi berupa ketertarikan kebugaran kemampuan motorik dan prestasi. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada (1) Kepala sekolah agar mampu memfasilitasi kegiatan senam berupa kebijakan program (2) Guru dapat melakukan pelayanan perencanaan dan bimbingan di dalam pelaksanaan kegiatan senam (3) peneliti lain agar dapat melakukan penelitian serupa dengan konteks yang lebih luas dan terencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8996

Actions (login required)

View Item View Item