Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IIS MA Bilingual Batu / Muhammad Yogi Atmodarminto

Atmodarminto, Muhammad Yogi (2019) Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IIS MA Bilingual Batu / Muhammad Yogi Atmodarminto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Atmodarminto, Muhammad Yogi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI MA Bilingual Batu. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd., (II) Purwanto, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kreatif Model Pembelajaran Berbasis Proyek dipilih untuk dieksperimenkan atas dasar beberapa alasan. Alasan tersebut terdiri atas: (1) model Pembelajaran Berbasis Proyek sesuai dengan Kurikulum 2013, (2) model pembelajaran berbasis proyek mendorong siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran, (3) model pembelajaran berbasis proyek dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI MA Bilingual Batu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan menggunakan desain posttest only control group. Subjek penelitian ini adalah kelas XI MA Bilingual Batu yang terdiri dari 2 kelas. Kedua kelas tersebut yaitu kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi (82,07) daripada kelas yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis proyek (74,28). Hasil perhitungan t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Dengan kata lain, model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI MA Bilingual Batu. Saran yang diajukan bagi guru yaitu dianjurkan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran geografi. Bagi peneliti selanjutnya yaitu dapat melakukan penelitian model pembelajaran berbasis proyek dengan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89953

Actions (login required)

View Item View Item