Pengaruh model pembelajaran Earth System in the Community (EARTHCOMM) terhadap penerapan konsep geografi pada materi mitigasi bencana peserta didik kelas XI SMA Laboratorium UM / Febri Arissandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Earth System in the Community (EARTHCOMM) terhadap penerapan konsep geografi pada materi mitigasi bencana peserta didik kelas XI SMA Laboratorium UM / Febri Arissandi

Arissandi, Febri (2019) Pengaruh model pembelajaran Earth System in the Community (EARTHCOMM) terhadap penerapan konsep geografi pada materi mitigasi bencana peserta didik kelas XI SMA Laboratorium UM / Febri Arissandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arissandi Febri. 2019 Pengaruh Model Pembelajaran Earth System In The Community (EarthComm) Terhadap Penerapan Konsep Geografi Pada Materi Mitigasi Bencana Peserta Didik Kelas XI SMA Laboratorium UM. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (II) Dr. Satti Wagistina S.P M.Si. Kata Kunci Model pembelajaran EarthComm Penerapan konsep geografi Mitigasi bencana Model pembelajaran Earth System in The Community (EarthComm) adalah kegiatan pembelajaran dimana peserta didik mengaitkan permasalahan yang ada dengan lingkungan sekitar dan mampu mengonstruksi pengetahuannya dengan langkah-langkah pembelajaran (1) Chapter Challenge (2) Think About It (3) Investigation (4) Reflecting On The Activity (5) Digging Deeper (6) Check Your Understanding dan (7) Chapter Assessment. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran EarthComm terhadap penerapan konsep geografi pada materi mitigasi bencana untuk peserta didik kelas XI SMA Laboratorium UM. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 57 peserta didik dengan rincian yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 peserta didik dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur kemampuan penerapan konsep geografi yaitu soal esai yang berjumlah 4 soal dengan masing-masing soal terdapat 3 poin pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda statistik parametrik dengan uji hipotesis menggunakan uji t untuk dua sampel tidak berpasangan (Independent Sample t-Test) dengan bantuan dari program aplikasi IBM Statistic SPSS 16.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Earth System In The Community (EarthComm) terhadap penerapan konsep geografi pada materi mitigasi bencana. Hasil penelitian tersebut berdasarkan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan nilai signifikansi kurang dari 0 05. Rata-rata hasil kemampuan penerapan konsep geografi kelas eksperimen yaitu 83 7 lebih tinggi daripada kelas kontrol yang hanya 77 1. Pada perhitungan uji t diperoleh Sig.(2-tailed) 0 000 kurang dari 0 05. Berdasarkan data tersebut H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Earth System In The Community (EarthComm) terhadap penerapan konsep geografi pada materi mitigasi bencana peserta didik kelas XI SMA Laboratorium UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89952

Actions (login required)

View Item View Item