Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IPS SMAN 1 Plemahan Kabupaten Kediri / Rohmatul Mudrikah

Mudrikah, Rohmatul (2020) Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IPS SMAN 1 Plemahan Kabupaten Kediri / Rohmatul Mudrikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mudrikah, Rohmatul. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS SMAN 1 Plemahan Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd., (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IPS SMA Negeri 1 Plemahan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan berpikir analitis sebagai variabel yang diteliti karena beberapa alasan. Alasan tersebut, yaitu (1) model pembelajaran berbasis proyek sesuai dengan Kurikulum 2013 yang menerapkan pendekatan saintifik, (2) siswa terlatih belajar secara mandiri dan bekerja secara kolaboratif dalam menyelesaikan permasalahan, serta (3) membantu siswa memiliki kemampuan berpikir analitis terhadap permasalahan dan fenomena geosfer. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan siswa kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Hasil proyek berupa poster. Pengukuran kemampuan berpikir analitis siswa dilakukan menggunakan soal uraian sesuai dengan indikator kemampuan berpikir analitis berdasarkan permasalahan geosfer. Analisis data penelitian yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai tes kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IPS SMAN 1 Plemahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89950

Actions (login required)

View Item View Item