Pengaruh media batang napier terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa tunarungu kelas VII SMPLB-B YPTB Malang / Zaqiyaning Tiyas Agus Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media batang napier terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa tunarungu kelas VII SMPLB-B YPTB Malang / Zaqiyaning Tiyas Agus Putri

Putri, Zaqiyaning Tiyas Agus (2017) Pengaruh media batang napier terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa tunarungu kelas VII SMPLB-B YPTB Malang / Zaqiyaning Tiyas Agus Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Zaqiyaning Tiyas Agus. 2017. Pengaruh Media Batang Napier Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunarungu Kelas VII SMPLB-B YPTB Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M. Pd. (II) Sopingi S. Sos M. Pd. Kata Kunci Media batang napier Berhitung perkalian Tunarungu Siswa tunarungu mengalami kesulitan dalam menghitung perkalian. Hal ini dikarenakan kurang adanya media yang digunakan. Untuk membantu siswa tunarungu dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian maka pembelajaran harus dilaksanakan dengan cara yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan kemampuan berhitung perkalian siswa tunarungu kelas VII SMPLB-B YPTB Malang sebelum memanfaatkan media batang napier (2) mendeskripsikan kemampuan berhitung perkalian siswa tunarungu kelas VII SMPLB-B YPTB Malang setelah memanfaatkan media batang napier dan (3) mendeskripsikan pengaruh media batang napier terhadap peningkatan kemampuan berhitung perkalian siswa tunarungu kelas VII SMPLB-B YPTB Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen desain pra-eksperimen dengan bentuk one group pretest-post test. Subjek penelitian yaitu kelas VII dengan jumlah 7 siswa dengan rincian 2 peserta didik perempuan dan 5 peserta didik laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis dengan menggunakan perhitunagan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung perkalian sebelum dan setelah memanfaatkan media batang napier mengalami peningkatan. Hal ini terbukti berdasarkan hasil t hitung diperoleh nilai sig sebesar 3 55 dan t tabel sebesar 1 943. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai sig (0 05) maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa media batang napier berpengaruh terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa tunarungu kelas VII SMPLB-B YPTB Malang. Kesimpulan penelitian adalah terdapat peningkatan hasil belajar kemampuan berhitung perkalian siswa tunarungu ke arah yang positif di dalam penelitian ini terlihat pada perubahan hasil pretest dan post test yang mengalami peningkatan. Adapun saran untuk guru adalah dapat menjadikan media batang napier sebagai alternatif dalam proses pembelajaran matematika terutama pada materi perkalian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8995

Actions (login required)

View Item View Item