Pengembangan media pembelajaran animasi dan gambar pada materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan / Galih Ikhlasul Amal

Amal, Galih Ikhlasul (2020) Pengembangan media pembelajaran animasi dan gambar pada materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan / Galih Ikhlasul Amal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Amal, GalihIkhlasul.Pengembangan Media PembelaranAnimasi dan Gambar pada Mata MateriDinamikaHidrosfer dan DampaknyaTerhadapKehidupan. Skripsi. Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (II) Dr. Didik, Taryana, M.Si. Kata kunci:Media, Animasi, Gambar, Video Pembelajaran, Hidrosfer. Kegiatan pembelajaran geografi selama ini masih menggunakan metode ceramah dan text book oriented sudah semestinya mulai ditinggalkan. Berbagai jenis media seperti video, gambar, teks, animasi, dan suara dapat merangsang lebih banyak indra sehingga dapat menarik perhatian siswa untuk belajar. Materi hidrosfer merupakan salah satu materi yang dipelajari dalam pelajaran geografi. Dari beberapa sub topik yang terdapat dalam materi akan lebih mudah dipahami siswa jika menggunakan media, selain itu dari hasil observasi yang dilakukan ditemukan bahwa materi hidrosfer akan lebih menarik dan mudah dipahami jika menggunakan media. Oleh sebab itu,peneliti membuat media video pembelajaran yang berisikananimasi dan gambar terkait materi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan.Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan media gambar dan animasi dengan berupa video pembelajaran pada mata pelajaran Geografi SMA kelas X materi Dinamika Hidrosfer dan DampaknyaTerhadap Kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan suatu produk dan dibuat dalam penelitian dengan tahap runtut dan jelas.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validator,dan angket uji coba. Analisis data ini menggunakan data kuantitatif yang diolah menggunakan Teknik deskriptif dan mengubah menjadi bentuk presentase. Media video pembelajaran ini sudah di validasi oleh dua ahli, yaitu ahli materi dan ahli media. Menurut ahli materi, materi yang terdapat dalam media sudah layak, namun perlu direvisi terkait teks dan gambar yang salah informasi. Sedangkan menurut ahli media, media pembelajaran ini sudah layak namun ada beberapa informasi yang keliru, sehingga perlu diperbaik terlebih dahulu.Hasil yang diperoleh dari ujicoba di dua sekolah ini digunakan untuk perbandingan, hasil yang di dapatkan dari MAN 1 Malang kelayakan media secara keseluruhan adalah memiliki skor 82,00 dengan kriteria layak. namun ada beberapa hal yang perlu direvisi sehingga pada penelitian selanjutnya di SMAN 1 Batu telah dilakukan revisi sehingga skor kelayakan media secara keluruhan adalah 87,7 dengan kategori layak, oleh karena itu media dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Saran Pemanfaatan dari media ini dapat digunakan dalam pembelajaran dikelas dengan pengawasan oleh guru. Penggunaan media ini dapat digunakan siswa dalam kegiatan belajar mandiri. Untuk saran pengembangan produk ini diharapkan agar mengembangkan materi lainnya selain hidrosfer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89949

Actions (login required)

View Item View Item