Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi hidrosfer kelas X di SMA Negeri 2 Kota Blitar / Okky Alviana Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi hidrosfer kelas X di SMA Negeri 2 Kota Blitar / Okky Alviana Putri

Putri, Okky Alviana (2020) Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi hidrosfer kelas X di SMA Negeri 2 Kota Blitar / Okky Alviana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Okky Alviana. 2019. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Hidrosfer Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Blitar. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. Dr. Satti Wagistina S.Pd M.Pd. Kata Kunci PBL Berpikir Kritis Hidrosfer Kemajuan teknologi saat ini berdampak pada pendidikan. Hal tersebut didukung oleh pengembangan kurikulum pemerintah yang mencantumkan iptek pada kompetensi inti pembelajaran. Model pembelajaran yang kurang sesuai juga menyebabkan siswa kurang maksimal dalam menerima materi sehingga siswa cenderung mengabaikan pelajaran yang diberikan. Aktivitas pembelajaran dalam kelas menjadi kurang maksimal dan materi yang diberikan tidak dipahami dengan baik. Oleh sebab itu model pembelajaran PBL dengan media instagram dapat memberikan aktifitas baru pada pembelajaran hidrosfer dan melatih siswa untuk berpikir kritis berdasarkan permasalahan lingkungan yang diberikan pada siswa di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas X IPS 2 dan X IPS 5 di SMA Negeri 2 Blitar. Pemilihan kelas tersebut berdasarkan cluster random sample hal ini dikarenakan penempatan siswa di sekolah dibagi secara acak dengan kemampuan rata-rata hampir sama. Penelitian ini menggunakan instrumen pengujian berupa posttest only. Siswa diberikan lembar kerja berbeda PBL untuk kelas eksperimen dan diskusi untuk kelas kontrol. Pada akhir penelitian diberikan posttest untuk mengukur keberhasilan dan dihitung menggunakan uji-t dengan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian terjadi pengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil rata-rata posttest siswa pada kelas X IPS 2 (kelas eksperimen) dan X IPS 5 (kelas kontrol) adalah 79 27 dan 73 3. Hasil uji-t pada penelitian ini menunjukkan signifikan 0 00 yang berarti terjadi pengaruh PBL pada berpikir kritis siswa. Pembelajaran dengan model PBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa dapat berkegiatan langsung di lingkungan. Mengetahui secara langsung kegiatan yang terjadi di lingkungan memberikan pengalaman baru pada siswa sehingga dapat memberikan rangsangan siswa untuk berpikir kritis. Materi tentang lingkungan seperti hidrosfer sebaiknya diberikan dengan model PBL. Siswa dapat lebih mengenal permasalahan lingkungan dekat tempat tinggal siswa. Solusi yang diberikan oleh siswa dapat melatih kemampuan berpikir kritis. Solusi tersebut juga menjadi relevan dengan kondisi lingkungan serta masyarakat di daerah tersebut. SUMMARY Putri Okky Alviana. 2019. Effect of Problem Based Learning (PBL) to Critical Thinking Capability on Hydrosphere Content 10th Grade in SMA Negeri 2 Blitar. Sarjana s Thesis. Department of Geography Faculty of Social Science Universitas Negeri Malang. Advisors Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. Dr. Satti Wagistina S.Pd M.Pd. Key Words PBL Critical Thinking Hydrosphere Currrent technological advance have an impact on education. It is supported by development of a government s curriculum which combines sciens and technology in essence learning competence Learning model which not suitable also make students not maximal to receive content so that student tend to ignore the lesson that given. Learning activities in the classroom become not optumal and the material is not well to understood. Therefore PBL learning model with Instagram media can provide new activities for learning hydrosphere and train students to think critically based on problem that given to stodents at school. The research is an experiment research conducted on studens of X IPS 2 and X IPS 5 in SMA Negeri 2 Blitar. The class selected based on a random sample cluster It is because the placement of student in this school is randomly divide with almost the same averge. This research used test instrument in the form of posttest only. Students are given different worksheet PBL for the experiment class and discussion for control class. At the end of the research a posttest was given to measure success and was calculated using t-test with SPSS 16.00 for Windows. Result of the research is influence occurs on critical thinking capability of students. Posttest average results of student on class X IPS 2 (experiment class) and X IPS 5 (control class) are 79 27 and 73 3. T-test result on the reseach showed significant 0 00 which is influence occurs on critical thinking capability of students. Learning with PBL model can increase critical thinking capability of students. Students can do activities in the environment. Direcly know the activities that occur in the environment can be provide new experience to students so they can stimulate students to think critically. Lesson about environment such as a hydrosphere must be explained with the PBL model. Student can get to know the hydrosphere environmental problems near their live. The solutions provided by student can practice student s critical thinking skills. The solutions also becomes relevant to the enviromental conditions and the peoplr in the area.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89948

Actions (login required)

View Item View Item