Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dilengkapi Lembar Kegiatan Siswa (LKS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi SMAN 1 Turen / Denata Septi Magfiroh

Magfiroh, Denata Septi (2019) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dilengkapi Lembar Kegiatan Siswa (LKS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi SMAN 1 Turen / Denata Septi Magfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Magfiroh, Denata Septi. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dilengkapi Lembar Kegiatan Siswa (LKS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Geografi di SMAN 1 Turen. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si., (II) Drs. Rudi Hartono, M.Si. Kata Kunci: Problem Based Learning dilengkapi Lembar Kegiatan Siswa , Berpikir Kritis. Kemampuan berpikir ktitis diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya pada mata pelajaran Geografi. pembelajaran Geografi membutuhkan pengamatan langsung di lapangan, namun penerapan pembelajaran geografi di sekolah belum optimal. Penggunaan model menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah model Problem Based Learning (PBL) dilengkapi Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Kelebihan model PBL dilengkapi LKS bagi siswa yaitu model PBL menekankan pada pembelajaran yang didasari atas permasalahan kontekstual yang dihadapi secara ilmah melalui tahapan pembelajarannya. Dengan demikian siswa dapat terlatih kemampuan berpikir krititsnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model PBL dilengkapi LKS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Turen. Penelitian ini dirancang menggunakan quasi experiment dengan pre-test post-test control group design. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa enam butir soal esai yang diberikan pada saat pre-test dan post-test pada masing kelas. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai kemampuan berpikir kritis berupa nilai pre-test, post-test, dan gain score (selisih post-test dan pre-test). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa nilai rata-rata gain score kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Perbedaan juga terlihat dari aktivitas pembelajaran siswa kelas kontrol dan kelas ekpserimen karena perbedaan perlakuan yang diberikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa model PBL dilengkapi LKS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS SMAN 1 Turen. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru geografi disarankan agar menerapkan model PBL dilengkapi LKS dalam kegiatan pembelajaran. model PBL. Model ini juga sesuai dengan pembelajaran geografi yang banyak membutuhkan pengamatan langsung di lapangan. Namun, dalam pelaksanaannya model PBL membutuhkan persiapan yang cukup supaya pembelajaran dapat berjalan optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89945

Actions (login required)

View Item View Item