Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang / Wiwin Kumalasari

Kumalasari, Wiwin (2020) Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang / Wiwin Kumalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kumalasari, Wiwin. 2019. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Univeritas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd (II) Purwanto, S.Pd, M.Si Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Model pembelajaran Project Based Learning dipilih untuk dieksperimenkan karena terdapat beberapa alasan. Beberapa alasan tersebut antara lain; (1) model pembelajaran berbasis proyek sesuai dengan kurikulum 2013, (2) model pembelajaran Project Based Learning jarang diterapkan pada mata pelajaran geografi , (3) model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Model Project based learning merupakan model pembelajaran mengidentifikasi permasalahan disekitar lingkungan sebagai langkah awal untuk dicarikan solusinya dengan membuat produk sebagai alat pemecahan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experiment). Penelitian ini dilakukan pada dua kelas, yakni kelas eksperimen menggunakan model Project Based Learning dan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gondanglegi. Instrumen yang digunakan untuk megukur penelitian ini berupa soal essai kemampuan berpikir kreatif sebanyak 4 butir. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Temuan tersebut dibuktikan dengan signifikansi hasil Uji-t sebesar 0,000. Hasil tersebut menujukan nilai probabilitas <0,05 dengan kata hipotesis nol (H0) ditolak, dan (H1) diterima. Saran yang diajukan dalam penelitian pertama, bagi guru disarankan untuk menerapkan model pemebelajaran Project Based Learning. Kedua, bagi peneliti lanjut disarankan untuk membuat perangkat pembelajarannya lebih lengkap. Model project based learning merupakan model berbasis proyek untuk itu diperlukan buku panduan dalam mendukung pengerjaan proyek peserta didik agar apa yang dimaksud pendidik tersampai dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89944

Actions (login required)

View Item View Item