Pengembangan media e-learning berbasis OSS pada materi pembelajaran mitigasi bencana / Tiara Annisa Novianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media e-learning berbasis OSS pada materi pembelajaran mitigasi bencana / Tiara Annisa Novianti

Novianti, Tiara Annisa (2020) Pengembangan media e-learning berbasis OSS pada materi pembelajaran mitigasi bencana / Tiara Annisa Novianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Novianti Tiara Annisa. 2019. Pengembangan Media E-Learning Berbasis OSS Pada Materi Pembelajaran Mitigasi Bencana. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Purwanto S.Pd M.Si (2) Dr. Singgih Susilo M.S M.Si Kata Kunci Pengembangan Media E-Learning OSS Mitigasi Bencana Inovasi media pembelajaran yang dikembangkan demi menjawab tuntutan kurikulum 2013 adalah media pembelajaran berbasis E-Learning. Salah satunya adalah OSS atau Open Source Software. Dampak positif dari penggunaan media OSS materi geografi yaitu memudahkan guru dan siswa dalam memahami dan menjelaskan tentang materi yang diberikan. Alasan utama penelitian pengembangan E-Learning OSS ini karena perubahan sistem belajar siswa di kurikulum 2013. Siswa diharuskan terampil dan kreatif dalam penggunaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media E-Learning berbasis OSS mengetahui kelayakannya serta menguji kefektifan media tersebut yang di terapkan untuk siswa kelas XI Ips bidang study geografi materi mitigasi bencana. Model penulisan dan pengembangan ini menggunakan ADDIE dari Dick dan Carrey dengan cara Analisis Desain Pengembangan Implementasi dan Evaluasi. Point dari penulisan ini terletak pada bagian Pengembangan bahwa penilaian ahli menjadi patokan untuk media tersebut layak digunakan atau tidak. Teknik analisis data pada penulisan ini menggunakan pendapat dari Arikunto mengenai deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang berkaitan dengan kualitas produk serta kriteria kelayakan. Berdasarkan hasil penilaian ahli media terhadap E-Learning OSS yaitu dengan persentase 75%. Hal tersebut dapat diartikan bahwa media E-Learning OSS berada pada tingkat kualifikasi cukup valid dan layak untuk digunakan berdasarkan versi ahli media. Berbeda pula dengan penilaian dari ahli materi terhadap media E-Learning OSS yaitu dengan persentase 96%. Hasil perhitungan tersebut berada pada tingkat kualifikasi valid dan layak berdasarkan versi ahli materi. Hasil penelitian tersebut terdapat beberapa asumsi yang dapat dipaparkan yaitu (1) bagi guru media E-Learning OSS ini dapat diterapkan pada materi mitigasi bencana dan guru harus menyesuaikan standar kompetensi mitigasi bencana dengan kegiatan belajar siswa (2) bagi siswa siswa harus memperhatikan dengan baik petunjuk disampaikan oleh guru dan diharapkan agar tidak disalahgunakan pada setiap open source yang dibuka karena E-Learning OSS ini tersambung dengan koneksi internet sehingga kemungkinan siswa bisa membuka portal internet di luar E-Learning OSS (3) Bagi Pengembang lainnya harap mengkaji lebih dalam pada saat pemilihan Open Source penggunaan peta bencana serta memperbanyak materi pembelajaran karena itu semua berpengaruh pada tanggapan masing-masing siswa yang memiliki metode belajar yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89943

Actions (login required)

View Item View Item