Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Deby Wahyu Aji

Aji, Deby Wahyu (2020) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Deby Wahyu Aji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aji, Deby Wahyu. 2019. Penerapan Model Inkuiri terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium UM Skripsi, Program studi Pendidikan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd (II) Purwanto, S.Pd, M.Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep, Minat Belajar. Pembelajaran di kelas tidak pernah lepas dari suatu permasalahan. Salah satu permasalahan tersebut adalah rendahnya pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Hal tersebut diketahui berdasarkan analisis penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar yang terdiri dari aspek siswa, guru, sarana prasarana, dan strategi model pembelajaran. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat dan berorientasi pada kompetensi siswa, khususnya dalam kemampuan pemahaman konsep siswa dan minat belajar siswa. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu model Inkuiri Terbimbing. Berdasarkan pernyataan tersebut maka penelitian ini dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan minat belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium UM dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium UM yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, membuat kesimpulan. Data yang digunakan dalam penelitain ini adalah nilai pemahaman konsep siswa dan minat belajar siswa. Tes pemahaman konsep siswa dilakukan pada saat setelah melakukan tindakan siklus I dan siklus II, sedangkan untuk lembar minat belajar diberikan kepada siswa saat pra tindakan dan pasca tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahan konsep dari pra siklus ke siklus I hingga siklus II dan minat belajar dari pra tindakan hingga pasca tindakan yaitu siklus satu dan siklus dua . Rata rata pemahaman konsep pada pra siklus yaitu sebesar 46,9 kemudian untuk siklus I sebesar 54,53 dan untuk siklus II sebesar 71,5 hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep dari siklus I dan siklus II sebesar, 16,97 sedangkan nilai rata-rata minat belajar geografi pada pra tindakan sebesar 68,7 dan pasca tindakan yaitu siklus satu sebesar 74,42 dan siklus dua sebesar 86,23 hal ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar sebesar 11,81 Dapat disimpulkan. Peningkatan tersebut disebabkan karena guru menerapkan model pembelajaran Inkuiri terbimbing yang dilakukan sesuai dengan sintak model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium UM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89941

Actions (login required)

View Item View Item