Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan minat belajar siswa kelas XI IPS B di SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang / Aulia Rokhmatul Mukti

Mukti, Aulia Rokhmatul (2020) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan minat belajar siswa kelas XI IPS B di SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang / Aulia Rokhmatul Mukti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mukti, Aulia Rokhmatul. 2019. Penerapan model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS B SMA Negeri 1 Singosari Kab. Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si. (II) Dr. Satti Wagistina, S.P, M.Si. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Analitis, Minat Belajar. Pembelajaran di kelas tidak pernah lepas dari suatu permasalahan. Salah satu permasalahan tersebut adalah rendahnya kemampuan berpikir analitis dan minat belajar. Hal tersebut diketahui berdasarkan analisis penyebab rendahnya kemampuan berpikir analitis dan minat belajar yang terdiri dari aspek siswa, guru, sarana-prasarana dan strategi model pembelajaran. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat dan berorientasi pada kompetensi siswa, khususnya dalam kemampuan berpikir analitis dan minat belajar siswa. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu model problem based learning. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan minat belajar siswa kelas XI IPS B SMA Negeri 1 Singosari Kab. Malang menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS B SMA Negeri 1 Singosari yang bejumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari merumuskan masalah, membuat hipotesis, mencari informasi, mengumpulkan data, melakukan penyelidikan, membuat solusi dan membuat kesimpulan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai kemampuan berpikir analitis dan minat belajar siswa. Tes kemampuan berpikir analitis dilakukan pada saat setelah tindakan siklus I dan siklus II, sedangkan untuk lembar angket siswa dilakukan pada saat pra tindakan dan pasca tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis dari siklus I hingga siklus II dan minat belajar dari pratindakan hingga pasca tindakan. Rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis pada siklus I sebesar 65,3 sedangkan untuk siklus II sebesar 80,6 hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir analitis dari siklus I dan II sebesar 15,3, sedangkan nilai rata-rata minat belajar geografi pada pra tindakan sebesar 59,9 dan pasca tindakan sebesar 80. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari pra tindakan hingga pasca tindakan sebesar 20,1. Adanya peningkatan tersebut disebabkan karena guru menerapkan model problem based leaning yang dilakukan sesuai dengan sintak model problem based learning. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan minat belajar siswa kelas XI IPS B SMA Negeri 1 Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89940

Actions (login required)

View Item View Item