Pengaruh Project Based Learning (PJBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi peserta didik kelas XI IPS SMA Mataram Tempursari Kabupaten Lumajang / Adhitya Candra Kusuma

Kusuma, Adhitya Candra (2020) Pengaruh Project Based Learning (PJBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi peserta didik kelas XI IPS SMA Mataram Tempursari Kabupaten Lumajang / Adhitya Candra Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kusuma, Adhitya Candra. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Geografi Peserta Dididk Kelas XI IPS SMA Mataram Tempursari. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si. (II) Purwanto, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis. PjBL merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan kegiatan belajarnya berupa proyek. Model PjBL menuntut keaktifan peserta didik dan kerjasama dalam pembuatan proyek. Model Project Based Learning memiliki kelebihan yang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi peserta didik kelas XI IPS SMA Mataram Tempursari. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh PjBL terhadapberpikir kritis termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini, yaitu dua kelas yang memiliki kemampuan setara berdasarkan data nilai hasil ulangan yang didapatkan dari guru mata pelajaran geografi. Dua kelas tersebut diantaranya, kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model PjBL dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes essay sejumlah 5 butir soal yang mengacu pada indikator kemampuan berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes yang dilakukan dua kali diberikan pada sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kelas yang menggunakan model PjBL mendapatkan nilai rata-rata lebih baik dibandingkan kelas yang tidak menggunakan model Project Based Learning. Hasil analisis yang dilakukan didapatkan bahwa nilai probabilitas sebesar 0,01 atau lebih rendah dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh signifikan penerapan PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis pada Mata Pelajaran Geografi Peserta Didik kelas XI IPS SMA Mataram Tempursari. Saran ditujukan untuk guru agar mempersiapkan perencanaan pembelajaran model PjBL secara matang, karena model pembelajaran ini menuntut banyak biaya dan waktu. Bagi pihak sekolah disarankan agar memberi dorongan pada kegiatan pembelajaran menggunakan model PjBL khusunya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian mengenai model PjBL disarankan menyiapkan instrumen dan perangkat pembelajaran secara matang agar memudahkan guru model saat memberikan perlakuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89939

Actions (login required)

View Item View Item