Penerapan model discovery learning pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XII Bahasa SMAN 8 Malang / Arum Dwi Indahsari

Indahsari, Arum Dwi (2020) Penerapan model discovery learning pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XII Bahasa SMAN 8 Malang / Arum Dwi Indahsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Indahsari, Arum Dwi. 2019. Penerapan Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XII Bahasa SMAN 8 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd., (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si. Kata Kunci: discovery learning, berpikir analitis Berdasarkan hasil observasi ditemukan adanya permasalahan di kelas XII Bahasa SMAN 8 Malang yaitu rata-rata nilai berpikir analitis siswa yang rendah sebesar 63,87. Selain itu, guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Siswa cenderung masih kesulitan dalam menjawab soal berrpikir analitis sehingga hanya 4 siswa dari 23 siswa yang mendapat nilai di atas KKM, sedangkan 19 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Pada kurikulum 2013 model yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa adalah discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa dengan menerapkan model discovery learning. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XII Bahasa berjumlah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi & catatan lapangan, pedoman wawancara, dan soal tes, sedangkan teknik penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan hasil tes kemampuan berpikir analitis siswa dengan menggunakan discovery learning pada mata pelajaran geografi kelas XII Bahasa SMAN 8 Malang. Nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa pra-tindakan sebesar 63,87 kemudian diterapkan model discovery learning pada siklus I sehingga nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis mengalami kenaikan 20,21% menjadi 76,78. Pada siklus II nilai rata-rata berpikir analitis siswa mengalami kenaikan lagi sebesar 9,53% menjadi 84,10. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning pada mata pelajaran geografi dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XII Bahasa SMAN 8 Malang. Saran pada penelitian ini adalah guru perlu melatih berpikir analitis siswa dengan menyajikan permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu, guru mengetahui kondisi siswa selama proses pembelajaran di kelas. Pihak sekolah sebaiknya perlu diadakan pelatihan guru menggunakan model pembelajaran discovery learning serta menyiapkan sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran menggunakan discovery learning di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89938

Actions (login required)

View Item View Item