Pemanfaatan media pembelajaran berbasis macromedia flash untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa kelas XI-IPS 4 SMAN 6 Malang / Adinda Putra Hadiansyah

Hadiansyah, Adinda Putra (2020) Pemanfaatan media pembelajaran berbasis macromedia flash untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa kelas XI-IPS 4 SMAN 6 Malang / Adinda Putra Hadiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hadiansyah, Putra Adinda. 2019. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep geografi Siswa Kelas XI IPS 4 SMAN 6 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd. (2) Syamsul Bachri, S. Si., M. Sc., Ph. D. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Macromedia Flash. Mitigasi Bencana Alam Pemahaman konsep sangat penting bagi siswa dalam menganalisis materi yang akan dipelajari. Dalam pelajaran geografi siswa tidak hanya dituntut untuk menghafalkan materi yang ada dalam buku. Namun siswa juga membutuhkan pemahaman konsep untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan observasi diketahui bahwa siswa SMA Negeri 6 Malang terutama kelas XI IPS 6 Malang masih belum memehami konsep materi pada pembelajaran geografi dengan baik. hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai hasil ulangan siswa yang masih banyak yang belum mencapai nilai ketuntasan maksimal.Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah penggunaan media pembelajaran yang dapat menjadi simplikasi dari realitas yang kompleks. Media pembelajaran macromedia flash salah satu media yang menarik untuk belajar, melalui penggunaan media pembelajaran tersebut, siswa diharapkan dapat mengamati konsep-konsep yang terkandung dalam materi pembelajaran dengan proses pengalaman melalui inderanya sehingga meningkatkan pemahaman konsep geografi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa pada materi mitigasi bencana.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 6 Malang dengan jumlah siswa 30.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan selama dua siklus, setiap siklusnya dilakukan dalam dua kali pertemuan.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh peningkatan pemahaman konsep geografi siswa melalui media pembelajaran macromedia flash. Peningkatan pemahaman siswa dari rata-rata pemahaman awal sebelum tindakan sebesar 68,46, pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 74,16. Dari siklus I ke siklus II rata-rata pemahaman konsep meningkat sebanyak 13,19%, sehingga rata-ratanya menjadi 86,54. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa pemanfaatan media pembelajaran berbasis macromedia flash dapat meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 6 Malang. Macromedia flash dapat dipadukan dengan media pembelajaran yang berkaitan dengan materi. Oleh karena itu, sebelum memulai kegiatan pembelajaran perlu dilakukan adanya kesesuaian media dengan topik pembahasan, serta pemberian pengarahan dan proses penggunaan media yang baik untuk membantu dalam membentuk pemahaman konsep yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89937

Actions (login required)

View Item View Item