Penerapan model problem based learning pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas XI MAN Sumenep / Muhammad Iqbal Qauly

Qauly, Muhammad Iqbal (2020) Penerapan model problem based learning pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas XI MAN Sumenep / Muhammad Iqbal Qauly. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Iqbal, Muhammad. 2019. Penerapan Model Problem Based learning Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS I MAN Sumenep. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ardyanto Tanjung, S.Pd., M.Pd., (2) Drs. Marhadi Slamet Kristyanto, M.Si. Kata Kunci : Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Berpikir Kritis Berdasarkan hasil observasi pra tindakan yang dilakukan pada tanggal 25 Maret 2019 di kelas XI IPS I MAN Sumenep, temuan yang didapatkan adalah sebagai berikut: (1) sikap siswa kelas XI IPS I yang kurang memperhatikan pelajaran, bercerita dengan teman sebangku, mengantuk, bahkan terdapat siswa yang menggambar atau mengerjakan tugas mata pelajaran lain, (2) kegiatan belajar mengajar masih didominasi oleh guru dengan menggunakan metode ceramah, (3) respon dan jawaban yang diberikan siswa dalam menanggapi pertanyaan dari guru tergolong kurang, dimana hanya terdapat beberapa siswa yang mengacungkan tangan untuk menjawab. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS I MAN Sumenep dengan penerapan model problem based learning pada mata pelajaran geografi materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia, (2) meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS I MAN Sumenep dengan penerapan model problem based learning pada mata pelajaran geografi materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPS I semester ganjil tahun ajaran 2019-2020 MAN Sumenep dengan jumlah siswa 34 yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Data berpikir kritis siswa diperoleh melalui hasil jawaban keseluruhan siswa dalam tes berbentuk essai. Sementara itu, data motivasi belajar siswa diperoleh melalui pengisian angket motivasi belajar dalam setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) motivasi belajar siswa setelah adanya perlakuan mengalami peningkatan, (2) kemampuan berpikir siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus, demikian hasil data yang diperoleh, data pra tindakan ditemukan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 69%, siklus I sebesar 78%, dan siklus II 88%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89936

Actions (login required)

View Item View Item